-->

Letda Ayu, Penerbang TNI AD Asal Pontianak

REDAKSI
PONTIANAK - Masyarakat Kalimantan Barat sepatutnya turut bangga dengan sosok prajurit perempuan satu ini. Letnan Dua Cpn (K) Ayu, S.Tr.(Han) wanita kelahiran Pontianak ini berhasil membuktikan kemampuan dirinya dengan menjadi salah satu penerbang wanita Angkatan Darat. 

Ia saat ini bertugas di Skadron-11/Serbu Penerbad, di Semarang, Provinsi Jawa Tengah. Perwira pertama lulusan Akademi Militer tahun 2018 ini juga berhasil membuktikan bahwa dengan kegigihan dan semangat tinggi, cita - citanya menjadi prajurit bisa diraih. 

Ia saat ini menempati jabatan sebagai Perwira Penerbang II Siud I Flite A Heli Serbu 1 Skadron-11/Serbu Penerbad.  Perempuan yang memiliki nama cukup singkat namun sesuai dengan parasnya ini lahir di Pontianak 15 Juli 1995. 

Lahir di Pontianak namun di besar dan tinggal di Kubu Raya. Ayu yang memiliki darah melayu ini merupakan anak kedua dari pasangan Rudi Hartono dan Linda yang merupakan warga Sui Tempayan Mega timur, Kecamatan Sui Ambawang, Kabupaten Kubu Raya.

Sebelum menjadi anggota TNI AD Ayu pernah mengenyam pendidikan umum diantaranya di SDN 19 Mega Timur Sui Ambawang selanjutnya di SMPN 1 Sui Raya dan terakhir sekolah di SMAN 1 Sui Raya, Kubu Raya.

Untuk menjadi seperti sekarang ini, Letda Cpn (K) Ayu menceritakan tidak mudah. Apalagi menjadi sosok penerbang helikopter yang identik hanya bisa dilakukan oleh pria. 

Dia harus menempuh Pendidikan Dasar Perwira Penerbang dan dilanjutkan Pendidikan Penerbang II di Pusdik Penerbad serta mengikuti Suspabang II Bell-412. 

"Alhamdulilah dengan mengikuti seluruh rangkaian pendidikan sekarang saya mampu menerbangkan helikopter," ucapnya saat memberikan keterangan, Rabu (1/7/2020).

Atas kemampuannya tersebut, Srikandi Wira Amur ini mendapat kepercayaan dari pimpinannya untuk melaksanakan beberapa operasi penugasan. Diantaranya tugas BKO di wilayah Kalimantan Barat dan Papua.

"Atas kepercayaan dari pimpinan saya sudah dua kali diberikan kesempatan menjadi co pilot untuk melaksanakan tugas operasi di Kalbar yaitu mendukung Kodal Pangdam dan Dorlog Operasi Pengamanan Perbatasan RI-Malaysia. Dan keduanya tugas operasi di wilayah Papua," katanya.

Perwira yang satu angkatan dengan Letda Cpn (K) Alberta Injilia atau Anong ini berpesan untuk generasi muda khususnya di Kalimantan Barat, untuk mereka yang memiliki cita-cita apapun itu profesinya agar memiliki semangat yang kuat untuk mewujudkan impian tersebut.

"Jangan pernah takut gagal dan jangan mudah menyerah untuk meraih dan mengapai impian kalian. Terus berdoa dan berusaha demi apa yang engkau cita-citakan," pungkas Kowad berhijab ini. 

Sumber: Pendam XII/Tpr
Komentar Anda

Berita Terkini