-->

Babinsa Komsos Dengan Perangkat Desa Pulo Sarok

REDAKSI

SINGKILTERKINI.NET, ACEH SINGKIL - Babinsa dari Koramil 02/Singkil Kodim 0109/Aceh Singkil Serma Munthe melakukan komunikasi sosial (Komsos) dengan perangkat Desa Pulo Sarok Kecamatan Singkil, Aceh, Rabu (13/10/2021). 

"Komsos bertujuan mempererat hubungan, menyamakan persepsi, sarana mempererat persaudaraan dan silaturahmi dalam rangka mewujudkan Kemanunggalan TNI dengan Rakyat," ujar Serma Munthe.

Selain itu, Komsos juga memiliki tujuan mendekatkan Babinsa dengan Warga Masyarakat guna menumbuhkan hubungan emosional antara TNI dan Masyarakat serta hubungan TNI dengan Komponen Masyarakat lainnya yang ada di Desa binaan sehingga timbul keinginan masyarakat untuk berpartisipasi dalam bidang pertahahan.

Pembinaan Komsos, sambungnya, merupakan salah satu kemampuan aparat teritorial yang harus dimiliki oleh seorang Babinsa, disamping untuk silaturahmi, seorang Babinsa akan mengetahui perkembangan wilayah binaan terkait kondisi geografis dan sosial masyarakat. Sekaligus untuk mendapatkan data dan fakta sebagai penunjang tugas kewilayahan.

"Sebagai Babinsa harus bisa membangun komunikasi dengan berbagai elemen masyarakat termasuk para tokoh-tokoh yang ada di desa binaannya. Karena Babinsa lah ujung tombak satuan di lapangan," sebutnya.

Dengan harapan bila Babinsa sudah menyatu dengan masyarakat, maka tugas-tugas Babinsa yang lain (tugas karya bhakti, Puldata dan mendapakan informasi) semuannya akan mudah di kerjakan dan semua permasalan yang terjadi di Desa binaan akan bisa diselesaikan secara kekeluargaan.

Serma Munthe menjelaskan, kegiatan ini merupakan kebijakan TNI, bahwa Komsos merupakan sarana untuk memudahkan masyarakat dan Babinsa dalam menghadapi masalah yang timbul ditengah-tengah masyarakat.

"Hal ini seiring dengan tugas pokok TNI dalam Operasi Militer Selain Perang (OMSP) yaitu membantu Pemerintah Daerah untuk ikut berpartisipasi dalam perencanaan, penyiapan dan melaksanakan apa yang diinginkan pemerintah sebagai program unggulan mensejahterakan masyarakat dan mencerdaskan kehidupan bangsa," jelasnya.

Sumber: Kodim 0109 Aceh Singkil
Komentar Anda

Terimakasih Atas Kunjungannya, Silahkan berkomentar dengan bijak, Komentar Spam dan/atau berisi link aktif tidak akan ditampilkan. Terimakasih.

Berita Terkini