-->

Di Tengah COVID-19 Kodim dan Polres di Aceh Singkil Sumbang 68 Kantong Darah, Direktur RSUD Aceh Singkil Sampaikan Terima Kasih

REDAKSI
Donor darah di Makodim 0109/Aceh Singkil dan di Mapolres Aceh Singkil
SINGKILTERKINI.NET, ACEH SINGKIL- Kodim 0109/Aceh Singkil dan Polres Aceh Singkil menyelenggarakan bakti sosial berupa donor darah untuk membantu ketersedian stok darah di Unit Transfusi Darah Rumah Sakit Umum Daerah (UTD RSUD) Kabupaten Aceh Singkil.

Hal itu dilakukan dalam menyikapi pandemi virus Corona (COVID-19) yang terjadi saat ini di Indonesia yang ikut berdampak terhadap ketersedian stok darah di UTD RSUD Aceh Singkil. 

Pasalnya, jumlah para pendonor mandiri yang selama ini datang ke UTD RSUD Kabupaten Singkil kian berkurang, hal itu seiiring adanya kebijakan phisycal distancing yang diberlakukan oleh pemerintah.

Baca juga:
Bantu Stok Darah RSUD, Polres Aceh Singkil Gelar Kegiatan Donor Darah di Tengah Pandemi COVID-19 >> 


"Alhamdulillah, saat ini stok darah di UTD RSUD Aceh Singkil sudah kembali membaik setelah mendapat sumbangan dari Kodim 0109/Aceh Singkil dan Polres Aceh Singkil," kata Direktur RSUD Aceh Singkil, dr Khuzaini dalam keterangannya kepada Singkilterkini.net, Jumat (10/4/2020).

Direktur RSUD Aceh Singkil, dr Khuzaini

Dari Kodim 0109/Aceh Singkil, kata Khuzaini, menyumbang sebanyak 35 kantong darah dengan rincian 8 kantong darah golongan A, 10 kantong darah golongan B, 1 kantong darah golongan AB, dan 16 kantong darah golongan 0.

Baca juga:
Dampak COVID-19 Stok Darah B dan AB di Aceh Singkil Kosong, Personel Kodim 0109/Aceh Singkil Sumbang Darah 35 Kantung


Sementara dari Polres Aceh Singkil ikut menyumbangkan sebanyak 33 kantong darah dengan rincian 10 kantong darah golongan A, 8 kantong darah golongan B, 2 kantong darah golongan AB, dan 13 kantong darah golongan O.

"Jadi total kantong darah yang disumbang oleh TNI dan Polri di Aceh Singkil berjumlah 68 kantong darah," ujarnya.

Menurut Khuzaini, sebelum mendapat sumbangan darah dari TNI dan Polri, stok darah yang tersedia di UTD RSUD Aceh Singkil hingga tanggal 7 April 2020, sebanyak 6 kantong darah dengan rincian 3 kantong darah golongan A dan 3 kantong darah golongan O.

Baca juga:
Imbas COVID-19, Stok Darah Golongan B dan AB Kosong di RSUD Aceh Singkil


"Untuk stok darah golongan B dan golongan AB mengalami kekosongan," ujarnya.

Untuk itu, Khuzaini atas nama pribadi dan keluarga besar RSUD Aceh Singkil menyampaikan ucapan terima kasih kepada Dandim 0109/Aceh Singkil dan Kapolres Aceh Singkil beserta jajaran yang telah ikut andil dalam menjaga stok darah di UTD RSUD Aceh Singkil terlebih lebih di tengah pandemi COVID-19.

Ia juga mengajak kepada seluruh masyarakat untuk bahu-membahu dalam ikut sertaan membantu ketersedian stol darah di UTD RSUD Aceh Singkil, karena setetes darah sangat membantu para pasien yang sedang membutuhkan akan darah. (Jml/Red)
Komentar Anda

Terimakasih Atas Kunjungannya, Silahkan berkomentar dengan bijak, Komentar Spam dan/atau berisi link aktif tidak akan ditampilkan. Terimakasih.

Berita Terkini