-->

Dampak COVID-19 Stok Darah B dan AB di Aceh Singkil Kosong, Personel Kodim 0109/Aceh Singkil Sumbang Darah 35 Kantung

REDAKSI
Bantu masyarakat, personil TNI jajaran Kodim 0109/Aceh Singkil ikut kegiatan donor darah.

SINGKILTERKINI.NET
, ACEH SINGKIL -
Kodim 0109/Aceh Singkil menggelar donor darah, Rabu (8/4/2020). Kali ini, 35 kantung darah TNI ini disumbangkan untuk kebutuhan darah di Aceh Singkil.

Donor darah ini langsung dipimpin Dandim 0109/Aceh Singkil, Letkol Inf Syaifuddin, S.Ag bekerjasama dengan RSUD Kabupaten Aceh Singkil. Donor darah berlangsung di Aula Serbaguna Markas Kodim 0109/Aceh Singkil.

Kegiatan donor darah melibatkan para personel Kodim 0109/Aceh Singkil dan Koramil jajaran, guna memenuhi stok darah di Unit Transfusi Darah (UTD) RSUD Aceh Singkil yang juga kian menipis dan beberapa jenis golongan darah sempat mengalami kekosongan di tengah mewabahnya virus corona (COVID-19).

Dandim 0109/Aceh Singkil, Letkol Inf Syaifuddin, S.Ag mengatakan, kini ketersediaan darah golongan A dan O di UTD RSUD Aceh Singkil sudah menipis, sedangkan golongan darah B dan AB sudah mengalami kekosongan, akibat masyarakat mengalami kekhawatiran mendonorkan darah di tengah pandemi COVID-19.

Dandim 0109/Aceh Letkol Inf Syaifuddin, S.Ag, saat memberikan keterangan kepada Wartawan.

Selain itu, kata Dandim, hal tersebut juga dikarenakan adanya imbauan dari pemerintah untuk menjaga jarak dan diam di rumah terkecuali ada keperluan yang mendesak, sehingga warga yang biasanya mendonorkan darah ke UTD RSUD Aceh Singkil sudah mulai berkurang.

"Alhamdulilah dalam donor darah hari ini bisa mengumpulkan sebanyak 35 kantong darah untuk disumbangkan pada masyarakat yang membutuhkan melalui UTD RSUD Aceh Singkil," kata Letkol Inf Syaifuddin.

Ditambahkannya, dengan donor darah bisa meringankan beban pasien yang butuh darah pada saat dirawat di RSUD Aceh Singkil.

Terpisah, Direktur RSUD Aceh Singkil dr Khuzaini kepada Singkilterkini.net, mengucapkan terima kasih kepada Personil TNI jajaran Kodim 0109/Aceh Singkil yang telah mendonorkan dan menyumbangkan darah ini.

Dijelaskan Khuzaini, bahwa stok darah saat ini di UTD RSUD Aceh Singkil untuk golongan A dan O sudah menipis dan untuk golongan A dan AB mengalami kekosongan yang diakibatkan oleh wabah COVID-19.

Apalagi, lanjutnya, dalam mencegah dan memutuskan mata rantai COVID-19, Pemerintah juga memberlakukan social distancing, sehingga masyarakat membatasi diri untuk keluar rumah.

Kendatipun demikian, Khuzaini juga berharap partisipasi masyarakat dan instansi lainnya ke depannya agar ikut menyumbangkan darah, sehingga ketersediaan stok darah di UTD RSUD Aceh Singkil tetap terpenuhi.

Adapun jumlah rincian kantung darah yang di hasilkan dari kegiatan donor darah di Markas Kodim 0109/Aceh Singkil yakni golongan A sebanyak 8 kantong darah, B sebanyak 10 kantongdarah, O sebanyak 16 kantong darah dan AB sebanyak 1 kantong darah. (JML/red)
Komentar Anda

Terimakasih Atas Kunjungannya, Silahkan berkomentar dengan bijak, Komentar Spam dan/atau berisi link aktif tidak akan ditampilkan. Terimakasih.

Berita Terkini