-->

Imbas COVID-19, Stok Darah Golongan B dan AB Kosong di RSUD Aceh Singkil

REDAKSI
Sejak mewabahnya Virus Corona (COVID-19), stok Darah Golongan B dan AB mulai kosong di Unit Transfusi Darah (UTD) RSUD Aceh Singkil, Aceh.

SINGKILTERKINI.NET
, ACEH SINGKIL -
Sejak merebaknya Virus Corona (COVID-19), stok Darah di Unit Transfusi Darah Rumah Sakit Umum Daerah (UTD-RSUD) Kabupaten Aceh Singkil, Provinsi Aceh, mulai menipis.

Banyak dari para Pendonor yang mengurungkan niatnya, karena Pemerintah mengimbau kepada masyarakat untuk melakukan Social Distancing sebagai upaya preventif dalam menekan penyebaran Virus Corona (COVID-19).

Direktur RSUD Kabupaten Aceh Singkil, dr Khuzaini melalui Kepala ruang UTDRSUD, Nisnawati, Selasa (7/4/2020), mengatakan stok Darah yang tersedia saat ini hanya untuk Golongan Darah A dan O. Lanjutnya lagi, untuk stok Darah Golongan B dan AB mengalami kekosongan Stok.

"Stok Darah yang ada saat ini hanya tersedia Golongan A dan O, itupun sudah menipis tinggal 3 kantong lagi. Untuk Stok Darah B dan AB kosong," ungkapnya.

Untuk mencukupi kebutuhan Stok Darah harian bagi para Pasien, kata Nisnawati, biasanya RSUD Kabupaten Aceh Singkil bekerja sama dengan Organisasi terkait, seperti BFLF dan pihak terkait lainnya untuk mengadakan kegiatan Donor Darah massal, termasuk Darling atau Keliling dengan menggunakan Mobile Unit. 

Tetapi ungkapnya, untuk saat sekarang ini sudah susah untuk dilaksanakan kegiatan Darling, kalau ada yang butuh akan darah, pihaknya terpaksa mencari Pendonor dari pihak keluarga/pengganti, sehingga tidak sempat dilakukan Jemput Bola. 

Tidak hanya itu, Aparat Kepolisian maupun Pemerintahan juga tidak memperkenankan adanya kerumunan massa. Hal itu dilakukan guna mencegah masyarakat agar terhindar dari penyebaran Virus Corona (COVID-19). 

Tidak ingin hanya bergantung pada Donor Pengganti, Nisnawati mengaku RSUD Aceh Singkil saat ini juga terus melakukan berbagai upaya agar ketersediaan Stok Darah tetap aman. 

Disamping itu, tambah Nisnawati, Unit Transfusi Darah Rumah Sakit Umum Daerah (UTD-RSUD) Kabupaten Aceh Singkil, selalu terbuka menerima kunjungan masyarakat yang ingin mendonorkan darahnya.

"Harapan kita bagi pendonor untuk datang seperti biasa, tapi tidak ramai ke Unit Transfusi Darah Rumah Sakit Umum Daerah (UTD-RSUD), karena kalau tidak ada gejala Virus Corona (COVID-19) dan tidak dari luar kota, Insyaallah bisa jadi Pendonor, apalagi sekarang mau menyambut Bulan Suci Ramadhan, please/mempersilakan Pendonor datang ke UTD kami terima," harap dan jelasnya. (Jml/Red)
Komentar Anda

Terimakasih Atas Kunjungannya, Silahkan berkomentar dengan bijak, Komentar Spam dan/atau berisi link aktif tidak akan ditampilkan. Terimakasih.

Berita Terkini