-->

Dandim Subulussalam Hadiri Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila

REDAKSI

  

SINGKILTERKINI.NET, SUBULUSSALAM – Komandan Kodim (Dandim) 0118/Subulussalam Letkol Inf Arianto Sunu Kuncoro menghadiri upacara peringatan hari lahir Pancasila yang dilangsung  di halaman Polres Subulussalam, Desa Tangga Besi Kecamatan Simpang Kiri Kota Subulussalam, Aceh, Kamis (1/6).

Selaku inspektur upacara Wakil Walikota Subulussalam Drs. Salmaza, MAP yang juga dihadiri oleh forkopimda Subulussalam. Upacara ini juga diikuti oleh personel Kodim 0118/Subulussalam, Polres Subulussalam, Personil Satpol PP, PNS jajaran Kota Subulussalam dan PPara Siswa/i Pelajar Kota Subulussalam.

Hari Lahir Pancasila 1 Juni 2023 tahun ini diperingati dengan mengangkat tema "Gotong Royong Membangun Peradaban dan Pertumbuhan Global.

Dalam amanatnya, Wakil Walikota Subulussalam  mengatakan hari ini, tepatnya tanggal 1 Juni merupakan momentum bersejarah bagi Bangsa Indonesia. Dimana pada tanggal ini di setiap tahunnya, kita selalu memperingatinya sebagai hari lahir Pancasila.

Tentunya, ada berbagai cara dalam memaknai kelahiran Pancasila ini pertama, hari mempelajari nilai apa saja yang terkandung dalam setiap sila Pancasila nilai-nilai, seperti toleransi beragama, menerima keberagaman, serta perilaku cinta tanah air perlu dipahami kembali untuk dijadikan dasar dalam kehidupan sehari-hari.

Harus diingat bahwa kodrat bangsa Indonesia adalah keberagaman berbagai etnis, bahasa, adat istiadat, agama, dan golongan bersatu membentuk Indonesia. Dengan adanya Pancasila, kita bisa terhindar dari masalah yang timbul akibat keberagaman tersebut, seperti konflik sosial dan perang saudara.

Menerapkan nilai Pancasila ke dalam kehidupan sehari-hari setelah mempelajarinya, tentu kita harus mengamalkan ilmu tersebut Jika hanya mempelajarinya, sama saja seperti pohon yang tumbuh, namun tidak berbuah sangat sedikit manfaat yang diberikan oleh pohon tersebut.

Dalam memaknai hari lahir Pancasila adalah menyikapi setiap permasalahan dengan bijaksana dalam menyikapi permasalahan dan semua hal yang berhubungan dengan bangsa dan Negara, kita haruslah bisa bersikap bijaksana saat ini, kita melihat bahwa kehidupan berbangsa dan bernegara kita sedang mengalami tantangan. 

Ada pandangan dan tindakan tindakan yang mengancam kebhinekaan ada juga sikap tidak toleran yang ditampilkan dan bahkan wacana mengusung ideologi selain pancasila masalah ini pun semakin mencemaskan, dengan adanya penyalahgunaan media sosial yang banyak menyebarkan hoax alias berita bohong.

Maka dari itu, kita jangan terlalu cepat termakan oleh isu tetapi periksa dahulu apa pun itu, sebelum dibagikan kepada orang lain dan kita harus bangga akan budaya, adat-istiadat, bahasa, dan keanekaragaman negara indonesia sudah sepatutnya kita jangan terlalu mudah mengikuti budaya barat, Lebih baik, kita memajukan budaya lokal supaya aset Negara ini tidak punah.

Selain cara yang kami sampaikan tadi, tentu masih ada banyak cara lain yang bisa ditempuh dalam memaknai peringatan hari lahir Pancasila. Dengan dilakukannya upacara ini juga diharapkan dapat meneguhkan komitmen kita agar lebih mendalami, menghayati, serta mengamalkan nilai-nilai luhur pancasila sebagai dasar bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara.

Ini adalah momen yang bagus dan tepat bagi kita semua untuk menanamkan kembali nilai-nilai yang terkandung dalam setiap sila Pancasila.

Mengakhiri amanatnya Wakil Walikota Menyampaikan, jaga perdamaian, jaga persatuan, dan jaga persaudaraan di antara kita mari kita saling menghormati, saling toleran, dan saling membantu untuk kepentingan bangsa dan juga demi kemajuan Indonesia.(Pendim Subulussalam)

Komentar Anda

Terimakasih Atas Kunjungannya, Silahkan berkomentar dengan bijak, Komentar Spam dan/atau berisi link aktif tidak akan ditampilkan. Terimakasih.

Berita Terkini