-->

Seleksi Penerimaan Calon Bintara Polri di Polres Aceh Singkil Usung Prinsip Betah

REDAKSI

Foto: Proses Seleksi Calon Bintara Polri 

SINGKILTERKINI.NET,ACEH SINGKIL - Polres Aceh Singkil melaksanakan Pemeriksaan Administrasi (Rikmin) Awal Seleksi Penerimaan Terpadu Calon Anggota Polri Tahun Anggaran 2022 untuk Bintara Polri. 

Acara Rikmin itu berlangsung di Aula Polres Aceh Singkil, Selasa 12 April 2022 hingga Sabtu 16 April 2022. 

Proses calon anggota Polri di Polres Aceh Singkil ini mengusung prinsip Betah (Bersih, Transparan, Akuntabel, Humanis). 

Selain itu, selama proses itu, para peserta juga tidak dipungut biaya apapun atau gratis. 

"Masuk Polri juga tidak dipungut biaya atau gratis," kata Kapolres Aceh Singkil AKBP Iin Maryudi Helman dalam keterangannya, Selasa (12/4/2022).

Untuk transparansi, hasil pemeriksaan akan diumumkan secara terbuka. Masing-masing peserta seleksi juga bisa mengetahui siapa saja yang memenuhi syarat dan tidak memenuhi syarat ke tahap berikutnya. 

Selama proses itu, petugas memeriksa berkas pendaftaran,  mengukur tinggi badan dan berat badan pendaftar. 

"Ada puluhan peserta atau calon Bintara Polri yang mendaftar melalui Polres Aceh Singkil," ujar Kapolres. 

Dia menjelaskan, para pendaftar ini sebelumnya telah mendaftar secara online mulai 30 Maret sampai dengan 11 April 2022.

Tahapan pendaftaran masih di Pabanrim Polres Aceh Singkil. Saat ini Panitia Bantuan Penerimaan di Polres Aceh Singkil melaksanakan Rikmin Awal berkas para pendaftar.

"Pemeriksaan meliputi kelengkapan berkas-berkas pendaftaran serta ukur tinggi badan dan berat badan masing-masing pendaftar," katanya. 

Dalam pemeriksaan itu, Polres Aceh Singkil melibatkan tim internal dan eksternal. 

Untuk Tim eksternal berasal dari Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Aceh Singkil; Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Aceh Singkil serta dari Kemenag Aceh Singkil. 

Sedangkan tim internal, sambungnya, berasal dari jajaran Polres Aceh Singkil.

"Adapun pengawas dari unsur pers selaku pengawas external dan dari sipropam serta siwas Polres Aceh Singkil selaku pengawas Internal," ujarnya. 

Setelah lolos seleksi administrasi awal di Pabanrim Polres Aceh Singkil, para pendaftar akan mengikuti tahap seleksi berikutnya di tingkat Polda Aceh. 

Kapolres mengimbau kepada para pendaftar agar tidak mudah percaya kepada oknum yang menyatakan dapat membantu kelulusan sebagai anggota Polri. 

Untuk diketahui, Rikmin awal dilaksanakan dengan mematuhi protokol kesehatan Covid-19. (Jamal/Red)
Komentar Anda

Terimakasih Atas Kunjungannya, Silahkan berkomentar dengan bijak, Komentar Spam dan/atau berisi link aktif tidak akan ditampilkan. Terimakasih.

Berita Terkini