-->

Kelompok Tani Binaan PT Perkebunan Lembah Bhakti Panen Perdana Semangka

REDAKSI author photo

Managemen PT Perkebunan Lembah Bhakti Kabupaten Aceh Singkil bersama mitra saat panen perdana buah semangka dilahan kelompok tani Makmur Sejahtera Desa Sukamkmur, Kecamatan Gunung Meriah, Jumat (30/4/2021).

SINGKILTERKINI.NET, ACEH SINGKIL – Pimpinan PT. Perkebunan Lembah Bhakti Kabupaten Aceh Singkil Provinsi Aceh diwakili oleh Kepala Kebun Kemitraan, Dwi Martono melakukan panen perdana buah semangka milik Kelompok Tani Makmur Sejahtera, Desa Sukamakmur, Kecamatan Gunung Meriah, Jumat (30/4/2021).

Jenis semangka yang dibudidayakan diatas lahan seluas 3 hektare dapat dikategorikan dalam semangka grade A,  karena tidak menggunakan pupuk kimia. Apalagi panen buah semangka juga membuahkan hasil yang menggembirakan bagi para petani yang tergabung dalam Kelompok Tani Makmur Sejahtera.

Pimpinan PT. Perkebunan Lembah Bhakti melalui Kepala Kebun Kemitraan, Dwi Martono mengatakan sinergi yang baik antara PT. Perkebunan Lembah Bhakti dengan Kelompok Tani Makmur Sejahtera diharapkan mampu meningkatkan ekonomi petani, khususnya di masa pandemi COVID-19 dan akan terus berlanjut dengan tanaman lainnya sehingga turut mendukung Program Ketahanan Pangan Nasional.

Dwi menjelaskan, Poktan Makmur Sejahtera merupakan binaan CSR PT.Perkebunan Lembah Bhakti Kabupaten Aceh yang berhasil mengembangkan tanaman semangka di atas lahan seluas tiga hektare. Yang mana, kata Dwi, lahan yang ditanami semangka merupakan lahan baru yang didalamnya juga terdapat tanaman kelapa sawit muda (baru ditanam).


"Mereka sudah panen, dan tadi saya juga sempat bertanya kepada ketua kelompoknya itu ada sekitar 15 ton buah semangka yang siap panen, ini sangat luar biasa," kata Dwi seraya mengucapkan terima kasih atas kerja keras dan komitmen dari para petani binaan.

Menurut Dwi, para petani yang tergabung dalam kelompok ini sudah memiliki kemampuan baik secara teori maupun dalam bentuk praktek penanaman semangka yang baik. Hal ini terbukti, para petani berhasil membudidayakan semangka jenis semangka merah dan kuning dengan buahnya cukup besar, manis dan produksinya juga di atas rata-rata.

Para petani yang tergabung dalam kelompok ini, sambungnya, juga memiliki keinginan yang kuat untuk bertani, sehingga dapat mengubah pola pikir lama dengan pola pikir lebih maju yang melek pada teknologi pertanian. Bahkan, tambahnya, buah semangka yang baru dipanen langsung diambil oleh pengusaha buah untuk dipasarkan di Aceh Singkil maupun luar Aceh Singkil.

Pada panen perdana ini, diperkirakan menghasilkan sebanyak 5 ton buah semangka dengan berat antara 3-8 kg/buah. Dari panen perdana ini masih ada 3 sampai 4 kali pemanenan selanjutnya.

Sementara itu, Kepala Desa Sukamakmur, Salmen Berutu mengapresiasi program CSR PT. Perkebunan Lembah Bhakti Kabupaten Aceh Singkil. Selain memberikan wawasan baru di bidang pertanian, Program Pertanian yang digagas oleh PT. Perkebunan Lembah Bhakti Kabupaten Aceh Singkil itu dinilai Salmen juga berpotensi mendongkrak perekonomian warga, khususnya petani buah Semangka di Desa Sukamakmur.


“Saya mewakili warga Sukamakmur mengucapkan terima kasih kepada PT. Perkebunan Lembah Bhakti Kabupaten Aceh Singkil. Dengan program pertanian ini semoga dapat meningkatkan perekonomian petani binaan karena harga produk pertanian juga mempunyai harga yang tinggi di pasaran," ujarnya.

Selain itu, tambahnya, semangka ini juga memiliki rasa yang lebih enak dan lebih sehat dibanding semangka yang menggunakan pupuk kimia. Kedepan Salmen berharap kepada Kelompok Tani Makmur Sejahtera ini untuk dapat mengembangkan biudidaya tanaman lain di luar semangka.

Dalam kesempatan yang sama, Ketua Kelompok Tani Makmur Sejahtera, Suprianto menuturkan para petani mengaku cukup senang dengan hasil panen semangka ini. Dengan luas lahan 3 hektar yang didalamnya juga berisi tanaman sawit muda (baru ditanam), pihaknya sudah bisa mendapatkan keuntungan yang cukup lumayan untuk satu periode masa tanam.

“Perkiraan total panen mencapai 16 ton dan untuk hasil panen kami langsung dibeli oleh pengusaha buah asal Aceh Singkil. Total panen perdana semangka hari ini kurang lebih 5 ton,” ungkapnya. (Jamal)

Komentar Anda

Terimakasih Atas Kunjungannya, Silahkan berkomentar dengan bijak, Komentar Spam dan/atau berisi link aktif tidak akan ditampilkan. Terimakasih.

Berita Terkini