-->

90 Pendaftar Bintara dan Tamtama Polri di Aceh Singkil Lolos Seleksi Administrasi Awal

REDAKSI author photo

* Proses Dijamin Betah 

SINGKILTERKINI.NET, ACEH SINGKIL  - Tercatat ada 96 remaja Kabupaten Aceh Singkil Provinsi Aceh yang mendaftar sebagai calon anggota Polri TA 2021 (Bintara dan Tamtama) di Polres Aceh Singkil. 

Dari jumlah itu, hanya sebanyak 90 remaja yang lolos pemeriksaan administrasi awal (rikmin) dan Pengukuran Tinggi serta Berat Badan. 

"Totalnya ada 96 peserta yang mendaftar calon anggota Polri (Bintara dan Tamtama). Dari jumlah itu yang lolos seleksi administrasi awal ada 90 peserta ," kata Kapolres Aceh Singkil AKBP Mike Hardy Wirapraja, melalui Kabag Sumda, AKP Didik Suratno saat kepada Singkilterkini.net, Senin (19/4/2021).

Calon anggota Polri yang dinyatakan lulus terbagi dalam tiga jurusan yakni bintara PTU 77 orang, Bintara Bakomsus TI 3 orang, dan Tamtama Brimob 10 orang. 

Sedangkan untuk calon anggota Polri jurusan Akademi Kepolisian (Akpol) masih dalam proses pemeriksaan administrasi awal dan pengukuran tinggi/berat badan yang digelar di Aula Polres Aceh Singkil. 

Baca Juga: Calon Taruna Akpol Jalani Tes Rikmin di Polres Aceh Singkil

Didik menjelaskan dalam pemeriksaan administrasi awal, Polres Aceh Singkil juga melibatkan sejumlah elemen antara lain Dinas Kesehatan (Dinkes), Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil), Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud), Kementerian Agama (Kemenag), dan Unsur Pers. 

"Selanjutnya, bagi peserta yang dinyatakan lulus dalam pemeriksaan administrasi awal akan kembali mengikuti tes di tingkat Polda Aceh," ujarnya. 

Didik mengungkapkan bahwa selama proses penerimaan anggota Polri, pihaknya tidak ada menerima titipan atau sponsorship dari pihak mana pun. 

Apalagi, kata Didik, semua tahapan proses seleksi juga diawasi secara ketat baik dari internal maupun pihak eksternal Kepolisian. 

"Insyaallah, semua proses seleksi administrasi awal dilakukan dengan clean and clear atau mengusung konsep Betah (bersih, transparan, akuntabel, dan humanis)," ujar mantan Kasat Shabara Polres Aceh Singkil itu. 

Hal ini dilakukan untuk mendapatkan anggota Polri yang Profesional, Modern dan Terpercaya (Promoter). 

Baca Juga: Calon Anggota Polri Ikuti Pemeriksaan Administrasi Awal di Polres Aceh Singkil

Sebelum menjalani tes rikmin awal, sambungnya, pihaknya tetap mengawali setiap kegiatan dengan pemeriksaan kesehatan sesuai protokol kesehatan. 

"Sebelum pemeriksaan administrasi awal, kita tetap melakukan pengecekan suhu tubuh, menggunakan masker dan menjaga jarak antara satu dengan yang lainnya serta memastikan seluruh peserta membawa hasil rapid tes antigennya masing-masing dengan hasil negatif," jelasnya. 

Pihaknya pun meminta, kepada pendaftar agar tetap semangat dan percaya pada kemampuan sendiri, serta tidak percaya kepada siapapun yang menjanjikan dapat meloloskan menjadi anggota Polri dengan imbalan tertentu. 

"Kepada para orang tua maupun para peserta agar dapat mewaspadai calo yang mengiming - imingi kelulusan Polri tersebut," imbaunya. 

Dia juga meminta kepada seluruh peserta untuk terus mempersiapkan diri baik fisik, mental maupun pengetahuan akademiknya agar bisa menjadi anggota Polri Promoter dan Polri yang Presisi. (Jml/Red)

Komentar Anda

Terimakasih Atas Kunjungannya, Silahkan berkomentar dengan bijak, Komentar Spam dan/atau berisi link aktif tidak akan ditampilkan. Terimakasih.

Berita Terkini