-->

Peringati Maulid Nabi Muhammad SAW, Warga Simpang Kanan Gelar Rateb Siribe di Lapangan Lae Cinendang

REDAKSI
Rateb Siribe di Lapangan Lae Cinendang, Kampong Lipat Kajang Atas, Kecamatan Simpang Kanan, Aceh Singkil.
SINGKILTERKINI.NET, ACEH SINGKIL - Warga Kecamatan Simpang Kanan, Kabupaten Aceh Singkil mengelar Rateb Siribe atau Tabligh akbar yang dipusatkan di Lapangan Lae Cinendang, Kampong Lipat Lajang Atas, pada Selasa (11/2/2020) malam.

Rateb Siribe dalam rangka memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW dipimpin langsung Murabbi MPTT-I (Majelis Pengkajian Tauhid Tasauf Internasional)/Guru Rohani, Abuya Syech H Amran Waly al-Khalidy. Tabligh Akbar ini ikut melibatkan ribuan jamaah.

Hadir dalam kegiatan itu diantaranya, Sekretaris Daerah Kabupaten Aceh Singkil, Drs Azmi; Ketua DPRK Aceh Singkil Hasannudin Aritonang; Wakil Walikota Subulussalam Drs. Salmaza, MAP; dan Ketua Pengadilan Negeri Singkil, H Hamzah Sulaiman SH serta Kepala Baitumal Aceh Singkil Ustad Ali Sadikin.

Hadir juga diantaranya, Camat Simpang Kanan, Sofyan; Danramil 04/Simpang Kanan, Kapten Inf Asfimal; Kapolsek Simpang Kanan, AKP Asral; Camat Gunung Meriah Drs Johan Pahmi Sanip dan ribuan tamu undangan lainnya.

Camat Simpang Kanan, Sopyan dalam sambutannya menyampaikan bahwa Abuya Syech H Amran Waly al-Khalidy merupakan Pimpinan MPTT-I se Asia Tenggara. Untuk itu Ia juga mengajak para jamaah untuk bersama- sama mendoakan agar beliau selalu diberikan kesehatan oleh Allah SWT.

Dijelaskannya, kegiatan Tabligh Akbar terlaksana atas partisipasi serta dorongan semangat dari masyarakat Simpang Kanan. Apalagi Kecamatan Simpang Kanan termasuk tanah kelahirannya Syekh Abdul Rauf As Singkily tepatnya di Desa Tanjung Mas.

"Warga di Kecamatan Simpang Kanan sudah lama berhasrat ingin melaksanakan kegiatan ini, semoga dengan terlaksananya kegiatan Rateeb Seribe kita semua mendapatkan Ridha dari Allah SWT," sebutnya.

Sementara itu, Khairunas selaku Ketua Rombongan Abuya Syech H Amran Waly al-Khalidy, menjelaskan Kecamatan Simpang Kanan, mengucapkan terima Kasih kepada para jamaah yang berhadir yang juga merupakan para pejuang-pejuang tauhid Taasauf dari luar Provinsi Aceh, seperti Bogor, Jawa Barat dan Jakarta.

"Pengkajian Tauhid ini lahir dari sebuah Desa Kecil yakni Desa Paoh Labuhan Haji, Kabupaten Aceh Selatan, dengan harapan semoga hati kita tetap menghadap Allah SWT, semoga majelis ini tetap berkembang walaupun masih banyak hambatan," ujarnya.

MPTTI, sambungnya, sudah sukses melaksanakan kegiatan Puncak Muzakarah di Banda Aceh dalam rangka pengkederan Tauhid Internasional yang dihadiri ulama dari Negara Maroko, Tunisia dan Negara Asean. "Insya Allah kegiatan Muzakarah dan pengkaderan ke lima akan dilaksanakan bulan Juni dan Juli tahun 2020 di Aceh Singkil yang kita cintai ini" sebutnya.

Sementara itu, Wakil Wali Kota Subulussalam Drs.Salmaza, MAP dalam sambutannya mengatakan, masyarakat Simpang Kanan merupakan masyarakat yang heterogen.

"Perbedaan yang ada merupakan kekayaan daerah kita, semoga kita dapat memperkokoh kerukunan umat beragama di wilayah kita," ujar Salmazah yang juga menjabat sebagai Wakil Walikota Subulussalam.

Dalam kesempatan yang sama, Sekretaris Daerah Kabupaten Aceh Singkil Drs. Azmi dalam sambutannya menyebutkan atas nama Pemerintah daerah Aceh Singkil mengucap terima kasih kepada pihak Kecamatan Simpang Kanan khususnya dan masyarakat umumnya yang telah menyelenggarakan acara Tabligh Akbar.

Azmi juga mengajak Kepada seluruh jamaah untuk banyak bersyukur kepada Allah. "Mari kita mengenal dan mencintai Nabi Muhammad SAW, karna beliau merupakan contoh Suri tauladan,  mari kita mencari menggali ilmu pengetahuan agama demi keselamatan dunia dan Akhirat," ujar Azmi yang juga selaku Sekdakab Aceh Singkil.

Sementara itu, Abuya Syekh H. Amran Wali Al-khalidi
dalam tausyiahnya mengajak kepada seluruh jamaah untuk bersyukur kepada Allah SWT, yang telah memberikan karunia nya yang luar biasa.

"Kita harus memperjuangkan keimanan seperti menjalankan perintah Nya, Jika kita telah ditentukan rezeki kita oleh Allah maka tidak akan kemana rezeki tersebut,  perbaikilah akhlak yg baik agar Allah selalu melimpahkan rezeki kepada kita," sebutnya.

Ajaran tasyawuf dan tauhid, mari benar-benar kita tingkatkan agar terhindar dari sifat dan perilaku maksiat dan perbaikilah sholat kita supaya khusuk fokus kepada Allah.

"Akhlak adalah satu sifat yang tertanam pada diri kita jika kita tanam sifat baik pada diri kita maka baik pula yang kita capai sebaliknya juga sama seperti itu dengan demikian mulailah sifat baik itu dari kesabaran dalam segala sesuatu hal yg menimpa kita dan tidak lupa memperbanyak zikir kepada Allah, jika kita teringat dengan Allah maka fokus lah pada satu tujuan yaitu zikir khusuk hanya kepada Allah saja," sebutnya.

Siapa yang menjadikan Allah ada didalam batinnya, sesungguhnya Allah sudah dekat dengannya, kemulian itu hanya milik Allah, makanya kemulian itu tidak ada yang memilikinya selain Allah. "Kami harapkan Aceh Singkil ini dapat berjaya dalam hal keagamaan karena Aceh Singkil sangat di kenal di negara tetangga yaitu Malaysia," jelasnya.

Dalam kegiatan itu juga ikut mendapat pengamanan dari aparat Kepolisian Sektor (Polsek) Simpang Kanan Polres Aceh Singkil, (Red/jml)
Komentar Anda

Terimakasih Atas Kunjungannya, Silahkan berkomentar dengan bijak, Komentar Spam dan/atau berisi link aktif tidak akan ditampilkan. Terimakasih.

Berita Terkini