-->
  • Jelajahi

    Copyright © Singkil Terkini
    Penerbit PT Media Singkil Terkini

    Iklan

    Lomba Karawitan Wahana Nguri-uri Budaya Bangsa

    KODIM CILACAP
    Sunday, February 09, 2020, Sunday, February 09, 2020 WIB Last Updated 2020-02-09T11:35:00Z

    Banyumas, Jateng | SINGKILTERKINI.NET - Memperingati Hari Jadi yang ke-449 tahun, Kabupaten Banyumas menggelar Festival Karawitan. Ajang memperebutkan piala bergilir Bupati Banyumas dan piala tetap Wakil Bupati Banyumas diikuti 24 sekolah terdiri 18 SD dan 6 dari SMP.

    Karawitan Korem 071/Wijayakusuma  yang dikomandani Kasipersrem Letkol Inf Harton S.Pd. tampil sebagai pembuka perlombaan yang digelar di Pendopo Wakil Bupati Banyumas, Purwokerto, Sabtu (8/2/2020).

    Danrem 071/Wijayakusuma Kolonel Kav Dani Wardhana, S.Sos., M.M., M.Han., menyampaikan, apa yang dilakukan anak buahnya selain untuk menyemarakkan acara juga untuk membangkitkan generasi muda dalam nguri-uri budaya bangsa.

    "Apa yang dilakukan prajurit dan PNS Korem 071/Wijayakusum selain untuk menyemarakkan festival, juga sebagai wahana kita dalam mempelopori dan menguri-uri budaya bangsa", ungkap Kolonel Dani.

    Dijelaskan pula bahwa festival sangat baik  untuk membangkitkan semangat generasi muda agar budaya bangsa kita yang telah diwariskan leluhur tidak hilang dan punah karena arus globalisasi.

    "Diharapkan dengan kegiatan ini, dapat menumbuhkan kepedulian para generasi muda untuk turut ”nguri-uri” warisan seni budaya Banyumasan khususnya seni karawitan. Selain itu juga untuk menumbuhkan rasa cinta dan bangga generasi muda Banyumas terhadap budaya daerahnya", terangnya.

    Menurut Danrem, kegiatan ini juga sangat positif untuk menumbuhkan rasa kekeluargaan, menanamkan nilai-nilai luhur; menghilangkan sifat negatif, menumbuhkan kreativitas serta memupuk kerja sama tim.

    Pada kesempatan tersebut, Kolonel Dani juga sangat mengapresiasi festival karawitan ini sebagai upaya untuk pelestarian, pengenalan dan pengembangan budaya khususnya budaya Banyumas.

     "Saya sangat mengapresiasi diselengggarakannya festival ini. Walaupun berada di era kemajuan teknologi dan perubahan lingkungan strategis, peninggalan budaya harus tetap dijaga agar keberadaanya tetap eksis dan terus berkembang", pungkasnya. (S)


    Sumber : Penrem 071/WK

    Komentar

    Tampilkan

    No comments:

    Post a Comment

    Terimakasih Atas Kunjungannya, Silahkan berkomentar dengan bijak, Komentar Spam dan/atau berisi link aktif tidak akan ditampilkan. Terimakasih.

    Terkini

    Headline

    +