Babinsa Kuta Kerangan Bantu Warga Buat Rabat Jalan -->s

Babinsa Kuta Kerangan Bantu Warga Buat Rabat Jalan

Wednesday, September 06, 2023, Wednesday, September 06, 2023

SINGKILTERKINI.NET,ACEH SINGKIL - Babinsa (Bintara Pembina Desa) Koramil 0109-04/Simpang Kanan, Serda JH Saragih, mengambil peran aktif dalam membantu warga masyarakat dalam pembangunan rabat jalan yang sangat dinanti-nantikan oleh warga Desa Kuta Kerangan, Kecamatan Simpang Kanan, Kabupaten Aceh Singkil, Rabu (06/09/2023).

Rabat jalan adalah salah satu infrastruktur penting yang menghubungkan warga desa dengan pusat kegiatan ekonomi dan sosial di wilayah sekitar. Namun, selama bertahun-tahun, jalan utama yang melintasi Dusun Dangguran telah mengalami kerusakan parah akibat cuaca ekstrem dan beban lalu lintas yang tinggi. Kondisi jalan yang buruk telah menyebabkan berbagai masalah bagi penduduk desa, termasuk kesulitan dalam mobilisasi, kerusakan kendaraan, dan kesulitan akses ke fasilitas umum.

Serda JH Saragih, Babinsa yang bertugas di Desa Kuta Kerangan, melihat pentingnya memperbaiki jalan ini untuk meningkatkan kualitas hidup warga desa. Dengan persetujuan dan dukungan dari pemerintah desa, warga, dan donatur lokal, pembangunan rabat jalan sepanjang 50 meter pun dimulai.

Proyek pembangunan ini tidak hanya melibatkan pekerjaan fisik, tetapi juga kolaborasi erat antara warga dan Babinsa dalam merencanakan, mengorganisir, dan mengelola sumber daya yang tersedia. Babinsa memberikan bimbingan teknis kepada warga dalam menggali parit, memadatkan tanah, dan menyelesaikan perkerasan jalan. Mereka juga membantu dalam pengawasan dan pengendalian mutu konstruksi.

"Ini adalah contoh nyata bagaimana kolaborasi antara TNI AD, pemerintah desa, dan masyarakat dapat menciptakan perubahan positif dalam kehidupan sehari-hari penduduk desa. Kami senang dapat membantu warga Desa Kuta Kerangan untuk memiliki akses yang lebih baik dan lebih aman ke tempat-tempat penting," ucap Serda JH Saragih.

Warga desa yang merasa terlibat dalam proyek ini merasa bangga dan bersemangat untuk melihat hasil akhirnya. Mereka berharap bahwa pembangunan rabat jalan ini akan membuka peluang ekonomi baru dan meningkatkan konektivitas mereka dengan wilayah sekitar.

Pemerintah desa juga berencana untuk melanjutkan proyek pembangunan infrastruktur yang lain dengan dukungan dari TNI AD dan masyarakat. Semangat gotong-royong yang terlihat dalam proyek ini menjadi inspirasi bagi desa-desa lain di Kabupaten Aceh Singkil untuk mengambil inisiatif serupa dalam memperbaiki infrastruktur yang kritis bagi kemajuan lokal mereka.

Kegiatan tersebut juga diiringi oleh semangat kebersamaan yang tinggi, dimana warga bahu-membahu dalam setiap proses pegecoran dan meratakan jalur jalan yang telah direncanakan. Proses pembuatan rabat jalan ini merupakan contoh konkret dari kerja sama yang erat antara pemerintah desa dan masyarakat dalam menjaga kualitas infrastruktur lokal. (Rel)

TerPopuler