Anggota Koramil Pulau Banyak Seleksi Calon Paskribraka Tingkat Kecamatan Pulau Banyak Barat -->s

Anggota Koramil Pulau Banyak Seleksi Calon Paskribraka Tingkat Kecamatan Pulau Banyak Barat

Friday, August 04, 2023, Friday, August 04, 2023

SINGKILTERKINI.NET,ACEH SINGKIL - Anggota Koramil 0109-01/Pulau Banyak Serka April Kurniawan dan Sertu Ibnu Said Simamora melakukan penyeleksian calon anggota Paskibraka tingkat Kecamatan yang diikuti oleh siswa/siswi dari SMA dan SMPN yang berada di wilayah Kecamatan Pulau Banyak Barat, Jumat (04/08/2023).

Penyeleksian anggota paskibraka ini bertujuan untuk mengukur tingkat kesehatan dan kebugaran tubuh para peserta seleksi untuk dibandingkan dengan kondisi optimal. Yang jelas penyeleksian ini dibutuhkan sesuai dengan beban tugas yang bakal diemban dalam latihan dan pelaksanaan pengibaran bendera nantinya.

Serka April Kurniawan disela-sela kegiatannya mengatakan, bahwa seleksi ini mempunyai arti penting guna mengoptimalkan peranan Paskibra dalam melaksanakan tugasnya di lapangan sesuai ketentuan yang berlaku dan terpilih calon Paskibraka yang dapat melaksanakan tugas dengan baik dan mulia.

"Anggota Paskibra yang terpilih nantinya bukan hanya memiliki keistimewaan sebagai pasukan pengibar bendera pada upacara, tetapi harus mampu menunjukan keteladanan sebagai pelajar yang berprestasi, berdisiplin dan bermoral serta memiliki jiwa nasionalisme," katanya.

Menurut Sertu Ibnu Said Simamora menambahkan, proses seleksi calon Paskibraka tingkat Kecamatan berlangsung dengan ketat dan terdiri dari beberapa tahapan.

"Tahap awal tes Kesehatan dan tes fisik yang mencakup Kesehatan, kekuatan, ketangkasan, dan daya tahan siswa/wi. Setelah itu, para peserta yang berhasil lolos tahap pertama akan mengikuti tes wawancara untuk menilai kemampuan kepemimpinan, disiplin, dan pengetahuan mereka mengenai sejarah dan wawasan kebangsaan," ucapnya.

Diharapkan calon anggota paskibraka benar-benar mempunyai daya tahan tubuh dan kekuatan fisik yang prima. Sehingga mampu melaksanakan tugas secara baik, fokus dan tanpa lelah saat bertugas mengibarkan bendera pusaka merah putih. (Rel)

TerPopuler