-->

Babinsa di Pulau Banyak Motivasi Pengrajin Akar Bahar

REDAKSI

 

SINGKILTERKINI.NET,ACEH SINGKIL - Babinsa Koramil 01/Pulau Banyak Koptu Andik Wahyu Setiawan berikan Inovatif kepada masyarakat yang aktif melakukan kreativitas pemanfaatan Akar Bahar menjadi kerajinan dan dapat menambah penghasilan di Desa Pulau Baguk, Kecamatan Pulau Banyak, Kabupaten Aceh Singkil, Kamis (15/06/2023).

Akar bahar adalah salah satu hewan laut yang bentuknya menyerupai tumbuhan dan hidup di dasar laut. Di tengah masyarakat, akar bahar sangat populer untuk bahan aksesories atau sebagai cinderamata.

Jenis-jenis akar bahar dikenal sesuai dengan bentuk fisiknya. Namun, secara umum, masyarakat lebih suka mengelompokkan menjadi 3 jenis akar bahar, yakni akar bahar hitam, akar bahar merah dan akar bahar putih.

Koptu Andik mengatakan, sumber akar Laut bisa didapatkan saat masyarakat mencari ikan dengan cara menyelam. Selain menambah penghasilan melalui ikan dan juga sekaligus memanfaatkan akar yang tumbuh di laut sebagai kerajinan tangan.

“Akar bahar ini bisa ditemukan nelayan saat menyelam ke laut hendak mencari ikan dan akar bahar di olah menjadi berbagai aksesories,” ucap Koptu Andik.

Menurutnya, pembuatan kerajinan tangan bahan baku dari akar bahar laut ini cukup mudah dan hanya perlu kesabaran saja, karena pembuatannya melalui pembakaran dengan menggunakan api kompor atau lilin.

Dari hasil tersebut, souvenir akar Bahar dapat di jual kepada masyarakat yang hobi memakainya, sehingga ekonomi dapat meningkat. “Semoga semakin berkembang penghasilan masyarakat dengan manfaatkan tumbuhan laut seperti akar bahar menjadi tambahan penghasilan, bahkan banyak pemintanya,” tambahnya.

Sumber: Kodim 0109 Aceh Singkil

Komentar Anda

Terimakasih Atas Kunjungannya, Silahkan berkomentar dengan bijak, Komentar Spam dan/atau berisi link aktif tidak akan ditampilkan. Terimakasih.

Berita Terkini