-->

Bangun Hutan Kota di Kampung Baru, PT Perkebunan Lembah Bhakti Aceh Singkil Tanam Berbagai Jenis Pohon

REDAKSI

SINGKILTERKINI.NET,ACEH SINGKIL - PT Perkebunan Lembah Bhakti (PLB), menanam berbagai jenis pohon pada lahan hutan kota, di kawasan Simpang Tiga Tugu, Kampung Baru Kecamatan Singkil Utara, Kabupaten Aceh Singkil, Aceh Singkil, Rabu 10 Mei 2023.

Pj Bupati Aceh Singkil Marthunis ST,DEA mengatakan Hutan kota di Kampung Baru nantinya akan menjadi ruang terbuka hijau (RTH) bagi masyarakat, dan diharapkan dapat menyerap karbon dioksida maupun polusi udara serta limbah lainnya.

“Hutan kota ini, selain bermanfaat untuk penyerapan karbon,  juga bermanfaat bagi psikologis manusia,” kata Marthunis ST DEA, saat melakukan penanaman pohon bersama Manageman Perusahaan PT PLB, untuk membangun hutan kota di Desa Kampung Baru, Kecamatan Singkil Utara, Rabu (10/5/2023).

Dijelaskan Marthunis, penanaman pohon sebagai penghijauan ini, diharapkan dapat menjadi tanah sekeping surga dan menjadi nikmat bagi masyarakat di daerah itu. 

Marthunis menjelaskan, setelah pohon ditanam perlu adanya program ke depan, selain penghijauan juga menjadi sumber ekonomi masyarakat, seperti persiapan desain untuk dibuat cafe santai, menjadi tempat mengobrol sehingga menjadi sosial capital dan sosial bonding menambah kekerabatan menjadi lebih erat.

Tidak hanya itu, Marthunis juga mengharapkan hutan kota yang digagas oleh PT PLB ini dapat menjadi percontohan untuk perusahaan lainnya, dalam melaksanakan program CSR, membantu pemerintah dan masyarakat menjadikan Aceh Singkil lebih maju. “Intinya, jangan jadikan konflik, tetapi berbuatlah yang bermanfaat bagi masyarakat banyak,” tegas Marthunis

Sementara itu, Perwakilan Manageman PT Perkebunan Lembah Bhakti (PLB) Riduan Manik mengatakan, Hutan Kota PT PLB ini merupakan program CSR lingkungan yang diprogramkan pada tahun 2022 lalu. Namun, kata Riduan, penanaman pohon baru dapat terlaksana pada Rabu 10 Mei 2023.

Dirincikannya, ada sebanyak 50 batang pohon kayu penyerap karbon dioksida, dengan berbagai macam jenis yang ditanama, seperti Mahoni, Salam dan lainnya. “Pohon yang ditanam ini juga sudah terlindung dengan pagar serta aman dari hewan ternak,” ujar Riduan.

Pada kesempatan yang sama, Direktur PT PLB Area Wilayah Aceh-Jambi, Wahyu Medici Ritonga menyampaikan, bahwa PT PLB tetap berkomitmen dalam menangani lingkungan melalui program Corporate Social Responsibility (CSR), untuk pertumbuhan dan keberlanjutan (sustainability).

"PT PLB Salah satu anak perusahaan Astra Agro Lestari tetap serius dalam menangani lingkungan dan masyarakat. Untuk penanganan lingkungan dan masyarakat merupakan program kami bisa dilaksanakan melalui kedua program ini dan jika dibantu dengan korporasi lain akan lebih baik lagi,” ujar Wahyu.

Turut hadir dalam acara penanaman pohon lahan hutan kota PT Perkebunan Lembah Bhakti diantarnya, Kadisbun Aceh Singki Julkifli, Kadis DLH Aceh Singkil Faisal, Camat Singkil Utara Asnaldi, dan tamu undangan. (Jamal)

Komentar Anda

Terimakasih Atas Kunjungannya, Silahkan berkomentar dengan bijak, Komentar Spam dan/atau berisi link aktif tidak akan ditampilkan. Terimakasih.

Berita Terkini