-->

Anggota Kodim 0109/Aceh Singkil Ikut Upacara Hari Jadi Aceh Singkil Ke 24

REDAKSI author photo

 

SINGKILTERKINI.NET,ACEH SINGKIL — Anggota Kodim 0109/Aceh Singkil mengikuti upacara hari ulang tahun Kabupaten Aceh Singkil ke 24 yang dilangsungkan di lapangan kantor Bupati Aceh Singkil, Desa Pulo Sarok, Kecamatan Singkil, Kamis (27/04/2023).

Bertindak sebagai Inspektur upacara PJ Bupati Aceh Singkil Martunis, S.T., D.E.A., Perwira upacara Pasi Pers Kodim 0109/Aceh Singkil Lettu Inf Erma Fadli. Komandan upacara Danramil 05/Kuala Baru Lettu Inf A. Munaf.

Turut hadir dalam pelaksanaan upacara hari jadi Aceh Singkil Dandim 0109/Aceh Singkil Letkol Czi Rizal Desriansyah, M.Tr (Han), Kapolres Aceh Singkil AKBP Suprihati Yanto, S.I.K., Kajari Aceh Singkil Munandar, SH.MH., Ketua DPRK Aceh Singkil Hasanuddin Aritonang, Ketua Pengadilan Negeri Aceh Singkil Yoppy Wijaya, SH., Ketua MAA Aceh Singkil Zakirun Pohan, Sekda Aceh Singkil Drs. Azmi, Danramil 02/Singkil Kapten Inf Bambang Supriadi, Pasi Intel Kodim 0109/Aceh Singkil Lettu Kav. I. Manurung, Pasi Pers Kodim 0109/Aceh Singkil Lettu Inf Erma Fadli, Danramil 05/Kuala Baru Lettu Inf Munaf, Kapolsek Singkil Iptu Didik Surya, para kepala SKPK sekabupaten Aceh Singkil, para Camat sekabupaten Aceh Singkil dan para tamu undangan.

Sebagaimana diketahui, Aceh Singkil adalah salah satu Kabupaten di provinsi Aceh Indonesia yang mekar dari Kabupaten Aceh Selatan dan sebagian wilayahnya berada di kawasan taman nasional gunung Leuser. Kabupaten ini juga terdiri dari dua wilayah, yakni daratan dan kepulauan. Kepulauan yang menjadi bagian dari Kabupaten Aceh Singkil adalah Kepulauan Banyak, sementara untuk ibu kota Kabupaten Aceh Singkil terletak di Kecamatan Singkil.

Sejarah Kabupaten Aceh Singkil menjadi tersohor ke seluruh dunia, bukan hanya karena alamnya yang kaya seperti kayu, damar, rotan, kemenyan, kapur barus dan hasil laut yang melimpah, wilayah ini juga pernah melahirkan dua ulama kharismatik, Syekh Abdurrauf As Singkili dan Syekh Hamzah Fanshuri sebagai sekaligus pemantik budaya dan sejarah yang mengagumkan di nusantara.

Sementara itu, dalam amanat PJ Bupati Aceh Singkil, Marthunis, S.T., D.E.A. menyampaikan dua puluh empat tahun adalah rentang perjalanan yang penuh dengan romantika dan dinamika sejarah. Sebuah Kabupaten yang dulu bagian dari Aceh Selatan, kini telah menjelma menjadi sebuah Kabupaten yang definitif. Maka peringatan hari jadi ke-24 ini secara filosofis bermakna sebagai upaya untuk melihat masa lalu, sebagai sebuah mata rantai sejarah dan sebuah fondasi yang sangat bernilai sekaligus sebagai referensi dalam menapaki masa kini dan masa depan.  

Selanjutnya peringatan hari ulang tahun ini kita jadikan sebagai sarana mawas diri atau intropeksi diri, dengan demikian setiap etape perjalanan kehidupan ini selalu mampu memberikan jawaban atas persoalan kekinian serta responsif dengan tantangan ke depan.

Kita sadari bahwa Kabupaten Aceh Singkil masih jauh tertinggal dari Kabupaten/Kota lainnya. Daerah lain sudah jauh lebih berkembang dan berkemajuan. Menyadari kondisi ini dan setelah kami melakukan kajian yang mendalam dengan metode analisis yang tepat, maka kami sampai pada satu kesimpulan bahwa Aceh Singkil harus bangkit dan segera melakukan akselerasi dengan memaksimalkan potensi dan keunggulan yang dimiliki lalu mendesain ulang strategi dan pendekatan pembangunan agar dapat melakukan lompatan dan terobosan dengan kecepatan yang tinggi demi mengejar ketertinggalan dari daerah lain.

Selain itu potensi perikanan dan kelautan kita juga melimpah ruah dan butuh sentuhan yang serius dan yang tidak kalahnya juga potensi perkebunan yang terbentang luas di bumi batuah ini. Banyak lagi potensi daerah ini yang sebenarnya jika kita kelola dengan bijaksana dan sungguh-sungguh akan mampu membawa Aceh Singkil menjadi daerah yang kuat dan maju.

Selanjutnya kontribusi sektor swasta juga sangat membantu mempercepat Aceh Singkil menjadi sebuah daerah yang dapat diperhitungkan, khususnya di provinsi Aceh. Maka saya juga berharap perusahaan – perusahaan swasta nasional dan multinasional/HGU juga peduli dengan realita yang ada saat ini. Sumbangsih pemikiran dan karya nyata kami butuhkan untuk bersinergi dengan pemerintah membangun Aceh Singkil tercinta ini.

Sumber: Kodim 0109/Aceh Singkil

Komentar Anda

Terimakasih Atas Kunjungannya, Silahkan berkomentar dengan bijak, Komentar Spam dan/atau berisi link aktif tidak akan ditampilkan. Terimakasih.

Berita Terkini