-->

PT Perkebunan Lembah Bhakti Gelar Sosialisasi Mitra Berkelanjutan Kepada Petani Sawit

REDAKSI

SINGKILTERKINI.NET, ACEH SINGKIL -  PT Perkebunan Lembah Bhakti (PLB) menggelar sosialisasi mitra berkelanjutan kepada petani kelapa sawit di Aula PT Perkebunan Lembah Bhakti, Desa Telaga Bhakti, Kecamatan Singkil Utara, Kabupaten Aceh Singkil, Aceh, Rabu (8/3/2023). 

Kegiatan ini dihadiri Humas PT Perkebunan Lembah Bhakti Teguh AW, Kepala Kebun Kemitraan Heri Kuswanto, dan para Asisten. Hadir juga Kepala Dinas Perkebunan Aceh Singkil Zulkifli, Camat Singkil Utara Asnaldi, Sekdes Telaga Bhakti, serta puluhan petani sawit mitra PT Perkebunan Lembah Bhakti.

Dalam kegiatan tersebut juga diisi dengan materi terkait ‘fasilitasi pembangunan kebun masyarakat secara berkelanjutan’ yang disampaikan oleh Kabid Pengolahan dan Pemasaran Perkebunan Dinas Perkebunan Aceh Singkil, Yusfarizal.

Camat Singkil Utara, Asnaldi dalam sambutannya menyampaikan bahwa PT Perkebunan Lembah Bhakti telah banyak berbuat untuk masyarakat Aceh Singkil seperti menerima buah tandan kelapa sawit dari masyarakat hingga membangun kerjasama yang saling menguntungkan dengan masyarakat.

Tidak hanya itu, tambah Asnaldi, PT Perkebunan Lembah Bhakti juga ikut membangun hutan kota di wilayah Kecamatan Singkil Utara. "Pembangunan hutan kota ini termasuk salah satu bukti kepedulian PT Perkebunan Lembah Bhakti," ujarnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Perkebunan Aceh Singkil Zulkifli dalam sambutanya menyampaikan ucapan terima kasih kepada PT Perkebunan Lembah Bhakti yang telah mengagas acara yang sangat bermanfaat ini. 

“Semoga melalui sosialisasi ini dapat memberikan manfaat yang besar bagi peningkatan kesejahteraan masyarakat khususnya petani kelapa sawit swadaya di Aceh Singkil,” ujarnya.

Zulkifli juga menyampaikan bahwa kemitraan diwajibkan kepada pemegang HGU, namun dikarenakan sulitnya mendapatkan lahan sehingga dialihkan kepada pola kemitraan.

Dalam kesempatan yang sama, Asiten Kemitraan PT Perkebunan Lembah Bhakti, Wardoyo menyampaikan, sosialisasi mitra berkelanjutan bertujuan untuk memberikan pemahaman menyeluruh mengenai hubungan kemitraan antara petani kelapa sawit dengan PT Perkebunan Lembah Bhakti.

“Kegiatan ini merupakan program kemitraan PT Perkebunan Lembah Bhakti kepada petani kelapa sawit yang berada wilayah Ring I PT Perkebunan Lembah Bhakti,” ujarnya. 

Sementara itu, Humas PT Perkebunan Lembah Bhakti, Teguh AW berharap melalui sosialisasi mitra berkelanjutan dapat memberikan pemahaman yang lengkap baik bagi pekebun sawit maupun bagi perusahaan mengenai mekanisme kemitraan serta manfaat yang bisa diperoleh dari kemitraan itu. 

Sebelumnya, Kabid Pengolahan dan Pemasaran Perkebunan Dinas Perkebunan Aceh Singkil, Yusfarizal menyampaikan kegiatan tersebut termasuk salah satu proses pemenuhan amanat permentan tahun 1998 terhadap pemenuhan pembinaan kelompok tani melalui fasilitasi pembangunan kebun masyarakat. (RED)

Komentar Anda

Terimakasih Atas Kunjungannya, Silahkan berkomentar dengan bijak, Komentar Spam dan/atau berisi link aktif tidak akan ditampilkan. Terimakasih.

Berita Terkini