-->

Babinsa dampingi Bidan Desa cek anak Stunting dan Gizi Buruk

REDAKSI

SINGKILTERKINI.NET, SUBULUSSALAM - Babinsa Koramil 0118-04/Sultan Daulat Serda Alga Patila bersama Bidan Desa dan Kader Kecamatan Sultan Daulat melaksanakan pengecekan Anak Stunting (kurang gizi) di Desa Bawan Kecamatan Sultan Daulat Kota Subulussalam, Aceh, Selasa (06/12/2022).

Kegiatan pengecekan yang kita lakukan ini bertujuan untuk mencapai target penurunan stunting pada 2024. Pencegahan stunting perlu dilakukan sebelum anak berusia 2 tahun, dari bayi lahir hingga berusia 2 tahun.

"Yang harus diwaspadai, adalah apabila terjadi perlambatan kenaikan berat badan atau gagal tumbuh/faltering growth yang bisa diketahui dari kurva berat dan tinggi badan. Bila parameter tersebut masih baik, tapi kurvanya menurun inilah yang disebut faltering growth atau gagal tumbuh," ujar Bides Desa Bawan Siti Karimah Am.keb.

Sedangkan prioritas penanganan stunting adalah screening anak-anak yang berpotensi menjadi stunting dan yang harus kita selamatkan adalah anak-anak yang saat ini sedang menderita gizi kurang, gizi buruk atau anak dengan gagal tumbuh pada anak usia dibawah 24 bulan.

"Anak-anak inilah yang beresiko mengalami stunting dimasa mendatang dan bukan hanya berat badan serta tinggi badan yang beresiko, tetapi yang lebih penting adalah otak mereka yang harus kita selamatkan," kata Bides Desa Bawan.

Babinsa Serda Alga Patila menuturkan, bahwa berdasarkan pelaporan Bides Desa Bawan Siti Karimah Am.keb. saat melakukan pendampingan melaporkan terdapat 5 perkembangan anak stunting yang perlu mendapat perhatian khusus dari Bides Desa Bawan Tim Puskesmas Kecamatan Sultan Daulat.

"Diharapkan, orang tua selalu memperhatikan gizi dan vitamin bagi anaknya, agar tidak ada kejadian stunting di desa Bawan kekurangan nutrisi seperti protein, kalori, vitamin dan mineral dapat menghambat pertumbuhan si kecil," jelas Babinsa.(Pendim Subulussalam)
Komentar Anda

Terimakasih Atas Kunjungannya, Silahkan berkomentar dengan bijak, Komentar Spam dan/atau berisi link aktif tidak akan ditampilkan. Terimakasih.

Berita Terkini