-->

Dayah Babul Hikmah Gelar Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW 1444 H

REDAKSI

SINGKILTERKINI.NET, ACEH SINGKIL - Dayah Babul Hikmah menggelar acara peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW tahun 1444 Hijriah atau yang dikenal Maulid Nabi mengusung tema "Memperkokoh Suri Tauladan Rasulullah di Era Milenial". 

Acara peringatan Maulid Nabi digelar dihalaman Dayah Babul Hikmah, Desa Sukamakmur, Kecamatan Gunung Meriah, Kabupaten Aceh Singkil, Aceh, pada Minggu 9 Oktober 2022, malam. 


Hadir dalam kegiatan itu, Pimpinan Dayah Babul Hikmah Abuya Syekh Hamdan Rusli Ar-Rahmat, Tgk Nurdi Yunus (Pengurus/ Ketua Panitia Maulid Nabi) beserta anggota, Perwakilan Kepala Kampung Sukamakmur, Tokoh masyarakat, Tokoh Agama, Santri dan Tamu undangan lainnya. 

Ketua Panitia Maulid Nabi, Tgk Nurdin Yunus dalam laporannya, mengatakan peringatan Maulid Nabi tahun ini diisi dengan ceramah agama, doa bersama, puisi, ritual maulid (zikir maulid), Shalawat Nabi, dan diakhiri dengan acara makan bersama (kenduri maulid). 

Disebutkannya, ritual maulid (zikir maulid) tersebut dimeriahkan oleh grup zikir Dayah Babul Hikmah yang dipandu oleh Pimpinan Dayah Babul Hikmah, Abuya Syekh Hamdan Rusli Ar-Rahmat. 


"Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW tahun ini merupakan yang keenam yang digelar sejak Dayah Babul Hikmah didirikan. Insyaallah kegiatan seperti ini ke depan akan terus ditingkatkan," ungkap Nurdin. 

Sementara itu, Pimpinan Dayah Babul Hikmah, Abuya Syekh Hamdan Rusli Ar - Rahmat dalam ceramah agama diantaranya menyampaikan tentang sejarah peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW yang hingga kini diperingati setiap tahunnya oleh umat Islam di seluruh Dunia. 

Abuya juga menjelaskan, Maulid Nabi Muhammad SAW atau yang dikenal dengan Maulid Nabi menjadi hari yang istimewa bagi umat Muslim di seluruh dunia. 

"Tahun ini, Maulid Nabi jatuh pada Sabtu 8  Oktober 2022," ujar Abuya. 


Dalam ceramahnya, Abuya ikut memaparkan tentang pada malam peringatan Maulid Nabi, Allah SWT memerintahkan kepada hambanya untuk memperbanyak bershalawat atas Nabi. 

Hal tersebut tentunya tidak hanya dilakukan oleh manusia, tetapi anjuran untuk memanjatkan shalawat atas Nabi juga berlaku bagi para malaikat Allah. 

Abuya juga menjelaskan Maulid Nabi Muhammad SAW memiliki keutamaan yang dapat diperoleh umat Muslim pada saat bershalawat kepada Nabi Muhammad SAW. 

Dipenghujung ceramahnya, Abuya juga mengajak kepada para pengurus, para santri dan tamu undangan untuk mengikuti Sauri tauladan Nabi Muhammad SAW. (Jamaluddin)
Komentar Anda

Terimakasih Atas Kunjungannya, Silahkan berkomentar dengan bijak, Komentar Spam dan/atau berisi link aktif tidak akan ditampilkan. Terimakasih.

Berita Terkini