-->

Camat Gunung Meriah Resmikan Rumah Gizi Kampong Suka Makmur

REDAKSI

SINGKILTERKINI.NET, ACEH SINGKIL - Camat Gunung Meriah, Abdul Hanan didampingi isteri Ny.Yusra, Sabtu (8/10/2022) meresmikan rumah gizi kampong (RGK) Suka Makmur, Kecamatan Gunung Meriah, Kabupaten Aceh Singkil.

Peresmian rumah gizi kampong Suka Makmur mengusung tema “Pantau Status Gizi Keluarga Melalui Rumah Gizi Kampong dalam Mengentaskan Stunting dan Gizi Buruk".

Camat Gunung Gunung Meriah juga memberikan makanan secara simbolis kepada salah satu balita yang mengalami kekurangan asupan gizi. Sedangkan untuk penyerahan makanan kepada Ibu Hamil diserahkan secara Simbolis oleh dr Reda Hayati Manik.

Kepala Kampung Sukamakmur, Salmen Berutu dalam sambutannya mengatakan mendukung penuh dan berharap dukungan dari masyarakat dalam upaya mensukseskan program RGK untuk pencegahan dan penanganan stunting. 

Sebagai salah satu bentuk kepedulian terhadap pencegahan dan penanganan masalah gizi di Kampong, Kepala Kampung Sukamakmur akan membantu maksimalkan anggaran kegiatan RGK. 

"Rumah gizi kampong didirikan sebagai  upaya percepatan penurunan stunting dengan pelibatan masyarakat melalui kegiatan yang dilakukan oleh masyarakat yang dibantu oleh bidan desa dan dibina oleh puskesmas," ujarnya.

Salmen berharap dengan diresmikan rumah gizi kampong Suka Makmur, tingkat kesehatan gizi kedepanya semakin meningkat.

Kepala UPTD Puskesmas Gunung Meriah, Yuliana diwakili Tenaga Pelaksana Gizi, Heri Purwanto, S.Gz dalam sambutannya mengatakan rumah gizi kampong didirikan sebagai upaya intervensi dalam menurunkan angka stunting.

"Kegiatan yang ada di dalam RGK ini adalah pemberian makanan bagi anak-anak stunting, gizi kurang, gizi buruk dan ibu hamil KEK (Kurang Enegri Konis)," ujarnya.

Keberadaan RGK ini merupakan terobosan yang sangat baik. Selaku penanggung jawab program gizi Ia sangat mendukung dengan adanya rumah gizi kampung. "Nanti kedepan kita akan buat forum diskusi dan edukasi untuk ibu hamil, ibu menyusui, orang tua yang memiliki anak dengan masalah gizi di RGK ini," sebutnya. 

Heri berharap RGK yang telah diresmikan bisa terus beroperasi kedepannya, sehingga angka stunting di Aceh Singkil khususnya di Kampung Suka Makmur bisa menurun. "Sesuai dengan target yaitu 14 % pada 2024 (perpres 72 tahun 2021). Mari sama-sama kita berupaya mencegah dan menurunkan Stunting. Dengan cara Penuhi gizi ibu hamil, minum tablet tambah darah bagi ibu hamil minimal 90 tablet, sanitasi dan air bersih, lakukan IMD (inisiasi Menyusu Dini), berikan Asi ekslusif selama 0-6 bulan, kemudian dilanjutkan dengan MP Asi dan Asi di lanjut sampai 2 tahun atau lebih," tambahnya.

Sementara itu Sambutan Camat Gunung Meriah, Abdul Hanan memberikan apresiasi dan penghargaan kepada Pemerintah Kampung Suka Makmur yang telah membuat terobosan baru dalam penanganan stunting yakni salah satunya melalui pembentukan rumah gizi kampong. “Ini merupakan terobosan baru yang dilakukan oleh Pemerintah Kampung dalam rangka penanganan masalah stunting di khususnya di Kampung Suka Makmur," ujarnya. 

Dikatakan Camat Gunung Meriah, RGK ini tidak hanya didirikan di Kampung Suka Makmur, tetapi juga diseluruh Kampung dalam Kecamatan Gunung Meriah. "Hari ini ada 4 RGK yang sudah kita resmikan yakni, RGK di Sidorejo, Blok 31, Tunas Harapan dan RGK di Suka Makmur. RGK ini didirikan dalam rangka penurunan angka stunting di wilayah Kecamatan Gunung Meriah," sebutnya.

Menutup sambutannya Camat Gunung Meriah berharap dengan telah dibentuknya rumah gizi kampong ini kasus stanting khususnya di Kampung Suka Makmur bisa ditangani lebih baik lagi. "Kita berharap kasus stunting dan gizi buruk dapat ditangani atau paling tidak dicegah, target kita angka stanting bisa turun, bahkan sampai zero, termasuk juga untuk angka kematian ibu dan anak menjadi perhatian kita bersama," sebutnya.

Dalam penurunan angka stunting , Camat Gunung Meriah mengajak kepada semua elemen masyarakat untuk bekerja sama dengan kader posyandu dan desa. "Dengan keterlibatan seluruh elemen masyarakat saya yakin kasus stunting ini dapat sama-sama kita atasi,” ungkapnya.

Sementara itu Ketua TP-PKK Kecamatan Gunung Meriah, Ny. Yusra Abdul Hanan menyampaikan rumah gizi ini didirikan untuk membentuk generasi muda yang sehat. Rumah gizi ini adalah salah satu bentuk perhatian pemerintah di bidang kesehatan melalui Pemerintah Kampung akan kualitas kesehatan generasi penerus khususnya di Suka Makmur. 

Yusra mengatakan permasalahan stunting  dan gizi buruk tidak hanya menjadi permasalahan daerah, melainkan telah menjadi isu nasional yang terus gencar disosialisasikan di berbagai tingkatan. 

Adapun tema yang di ambil dalam kegiatan ini harus dapat dimaknai dengan baik, sehingga dapat menjadi penyemangat dalam pelaksanaan percepatan penurunan stunting  dan gizi buruk. “Mohon ibu ibu untuk memperhatikan rumah gizi ini, jadi tolong dimanfaatkan rumah gizi ini dengan sebaik-baiknya," ajak nya.

Turut hadir dalam kegiatan itu, Kapolsek Gunung Meriah AKP Syahril diwakili Babinkamtibmas Suka Makmur, Sekdes Suka Makmur beserta perangkat, Ketua TP-PKK Suka Makmur beserta anggota, Kader Pos Yandu dan puluhan warga Suka Makmur. (Jamal)

Komentar Anda

Terimakasih Atas Kunjungannya, Silahkan berkomentar dengan bijak, Komentar Spam dan/atau berisi link aktif tidak akan ditampilkan. Terimakasih.

Berita Terkini