-->

Sambut HUT RI ke 77, Puskesmas Gunung Meriah Gelar Kegiatan Gunung Meriah Merdeka Stunting

REDAKSI

SINGKILTERKINI.NET, ACEH SINGKIL - UPTD Puskesmas Gunung Meriah Kabupaten Aceh Singkil, mengelar kegiatan Gunung Meriah Merdeka Stunting dalam rangka menyambut Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia ke 77 tahun 2022.
  
Kegiatan dengan tema 'Membentuk Kader Posyandu Cerdas untuk Generasi Emas Berkualitas' berlangsung di halaman UPTD Puskesmas Gunung Meriah, Desa Lae Butar Kecamatan Gunung Meriah, Aceh Singkil, Senin 15 Agustus 2022, pagi.

Kepala UPTD Puskesmas Gunung Meriah, Yuliana




Dalam laporannya, Kepala UPTD Puskesmas Gunung Meriah, Yuliana menyampaikan kegiatan itu melaksanakan berbagai lomba yang sebelumnya telah di laksanakan.

Dasar perlombaan itu, kata Yuliana, bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan kader, khususnya mengenai stunting.

Disampaikannya, bahwa di Kecamatan Gunung Meriah terdapat 5 desa yang menjadi lokasi fokus stunting dengan harapan pengetahuan para kader posyandu semakin meningkat.

Apalagi, sambungnya, antusias para kader posyandu untuk mengikuti berbagai perlombaan yang dilaksanakan juga cukup tinggi.

"Kami berharap desa - desa di Kecamatan Gunung Meriah dapat membuat program yang dapat menurunkan angka stunting di desa masing - masing", harapnya.

Camat Gunung Meriah, Abdul Hanan
 


Sementara itu, Camat Gunung Meriah, Abdul Hanan dalam sambutannya mengapresiasi kegiatan Gunung Meriah Merdeka Stunting yang dilaksanakan oleh UPTD Puskesmas Gunung Meriah.

"Kita memang harus menciptakan strategi dalam menangani stunting ini, begitu banyak penduduk di Kecamatan Gunung Meriah tentu nya harus membuat inisiasi untuk menyambut HUT RI dengan berbagai ide - ide kreatif," ujarnya.

Abdul Hanan berharap, dengan kehadiran Pj Ketua TP PKK Aceh Singkil Hj dr Humaira MKM dalam kegiatan ini dapat memberikan semangat baru di Kecamatan Gunung Meriah agar dapat selalu membuat program dalam menurunkan stunting di Gunung Meriah.

Sekretaris Dinas Kesehatan Aceh Singkil, Haryono




Dalam kesempatan yang sama, Kepala Dinas Kesehatan Aceh Singkil, Subarsono yang diwakili oleh Sekretaris, Haryono, dalam sambutannya menyampaikan sangat mendukung atas program kreatif yang dilakukan oleh UPTD Puskesmas Gunung Meriah.

"Insyaallah dengan berbagai upaya yang di lakukan, saya yakin di Kecamatan Gunung Meriah dapat menurunkan angka stunting," ujarnya.

Haryono juga menyampaikan ucapan terima kasih kepada seluruh stake holder yang telah memberi support dalam upaya pencegahan dan penuntasan stunting di wilayah Kecamatan Gunung Meriah.

PJ Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Aceh Singkil, Humaira Marthunis




Sementara itu, Pj Ketua Tim Penggerak PKK Aceh Singkil, Humaira Marthunis dalam sambutannya menyampaikan permasalahan stunting dan gizi buruk tidak hanya menjadi permasalahan daerah, melainkan telah menjadi isu nasional yang terus gencar di sosialisasikan di berbagai tingkatan.

"Tema yang di ambil dalam kegiatan ini harus dapat di maknai dengan baik, sehingga dapat menjadi penyemangat dalam pelaksanaan percepatan penurunan stunting dan gizi buruk," ujarnya.

Data yang saya dapat, kata Humaira, dari jumlah keseluruhan sasaran balita di Gunung Meriah ialah 3.500 balita, sementara jumlah stunting 453 balita, dan jumlah wasting (gizi kurang dan gizi buruk) 123 balita. Sementara persentase partisipasi yang datang ke posyandu sebanyak 52%.

Melihat partisipasi yang masih minim, ini menjadi PR dan tantangan kita bersama dalam menyukseskan Gunung Meriah merdeka stunting.

Untuk di ketahui, pemenang dalam lomba yang di gelar dalam kegiatan yang bertajuk 'Gunung Meriah Merdeka Stunting' ini diantaranya :

Pemenang kategori senam berdasarkan penilaian oleh Tim Juri antara lain, Juara 1 Desa Tulaan, Juara II Desa Seping Baru, Juara III Desa Blok VI Baru, Juara IV Desa Blok 18, Juara V Desa Tunas Harapan.

Sementara pemenang senam terfavorit berdasarkan like terbanyak yaitu Desa Blok 18. Untuk kategori juara cerdas cermat yaitu Juara I Desa Blok VI Baru, Juara II Desa tulaan, Juara III Desa blok 18.




Hadir dalam kegiatan tersebut Ketua Dharma Wanita Persatuan, Ketua Persit Kartika Chandra Kirana, Ketua Persatuan Bhayangkari, Ketua Persatuan Adhiyaksa Darma Karini, dan Ketua Persatuan Dharma Yukti Karini.

Hadir juga Danramil 03 Gunung Meriah Kapten Inf Irwansyah, Kapolsek Gunung Meriah AKP Syahril (diwakili), Seluruh Staf Puskesmas Gunung Meriah, Sejumlah Kepala Desa, Pendamping Desa, kader Posyandu, serta tamu undangan lainnya. (Jamal)
Komentar Anda

Terimakasih Atas Kunjungannya, Silahkan berkomentar dengan bijak, Komentar Spam dan/atau berisi link aktif tidak akan ditampilkan. Terimakasih.

Berita Terkini