-->

Anggota Kodim 0109/Aceh Singkil Ikut Upacara Hari Lahir Pancasila Secara Virtual

REDAKSI

SINGKILTERKINI.NET, ACEH SINGKIL – Anggota Kodim 0109/Aceh Singkil mengikuti upacara Hari Lahir Pancasila secara virtual di Aula Teuku Umar Makodim, Desa Ketapang Indah, Kecamatan Singkil Utara, Kabupaten Aceh Singkil, Rabu (01/06/2022).

Upacara hari lahir Pancasila Sila ini dipimpin oleh Pasi Pers Kodim Kapten Inf Bahagia Sinuhaji dan dihadiri perwira staf dan anggota Kodim 0109 Aceh Singkil. 

Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila Tahun 2022 mengambil tema, "Bangkit Bersama Membangun Peradaban Dunia". Secara Nasional upacara peringatan Hari Lahir Pancasila ini dipusatkan di Ende, Nusa Tenggara Timur (NTT).

Pada peringatan Hari Lahir Pancasila, Presiden Republik Indonesia Ir. Joko Widodo selaku Inspektur Upacara dalam amanatnya mengajak seluruh anak-anak bangsa di manapun berada untuk bersama-sama membumikan Pancasila dan mengaktualisasikan nilai-nilai luhur Pancasila dalam kehidupan bermasyarakat berbangsa dan telah mempersatukan.

Menurut Presiden, Pancasila juga telah menjadi bintang penuntun ketika bangsa Indonesia menghadapi tantangan dan Ujian. Hal ini juga sudah dibuktikan berkali-kali dalam perjalanan sejarah bangsa bahwa bangsa dan negara Indonesia bisa tetap berdiri kokoh menjadi negara yang kuat berlandaskan pada Pancasila.

"Saya selalu ingat kan kita harus betul-betul mengamankan Pancasila dan memperjuangkan Pancasila kita wujudkan dalam sistem kemasyarakatan kebangsaan dan kenegaraan dalam tata kelola pemerintahan dan jika menjiwai interaksi antar sesama anak bangsa ini lah tugas kita bersama tugas seluruh komponen bangsa menjadikan Pancasila sebagai ideologi oleh seluruh tumpah darah Indonesia," kata Presiden.

Kepala Negara juga mengajak seluruh pemimpin bangsa terutama para pejabat pemerintahan, tokoh agama, tokoh masyarakat, para pendidik, para pemimpin partai politik, para pemimpin, dan tokoh-tokoh serta para pemimpin-pemimpin teladan menjadi contoh dalam aktualisasi nilai-nilai Pancasila mengajak seluruh masyarakat untuk bergerak aktif memperkokoh nilai-nilai Pancasila dalam mewujudkan Indonesia maju, mewujudkan cita-cita proklamasi kemerdekaan.

Sementara, Pasi Pers Kodim 0109/Aceh Singkil Kapten Inf Bahagia Sinuhaji menyampaikan bahwa sebagai generasi penerus bangsa kita harus menunjukan semangat agar kedepan kita bisa mengilhami nilai-nilai pancasila sebagai landasan ideologi bangsa dan negara.

Dia juga berharap, hal ini dapat menjadi momentum yang baik dalam mempersatukan dan memperkokoh jati diri Bangsa serta mewujudkan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari.

Sumber: Kodim 0109 Aceh Singkil
Komentar Anda

Terimakasih Atas Kunjungannya, Silahkan berkomentar dengan bijak, Komentar Spam dan/atau berisi link aktif tidak akan ditampilkan. Terimakasih.

Berita Terkini