-->

Cegah PMK, Pemkab Aceh Singkil Perketat Pengawasan Keluar Masuk Ternak di Perbatasan

REDAKSI

SINGKILTERKINI.NET,ACEH SINGKIL - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Aceh Singkil memperketat pengawasan keluar masuk hewan ternak di wilayah perbatasan Aceh Singkil, Senin (27/6).

Hal ini dilakukan menyusul hasil uji sampel hewan ternak yang diduga terkena penyakit mulut dan kuku di Desa Selok Aceh, Kecamatan Singkil, belum diterima Dinas Tanaman Pangan Hortikultura dan Peternakan Aceh Singkil, Senin, di Aceh Singkil.

Sampel tersebut telah diambil oleh balai Veteriner Medan, Provinsi Sumatera Utara, terhadap 24 ekor sapi untuk diuji di laboratorium pada pekan kemarin. "Hasilnya belum keluar. Sambil menunggu hasil uji laboratorium keluar, Pemkab Aceh Singkil, perketat pengawasan keluar masuk hewan ternak di perbatasan," kata Kuatno. 

Dijelaskannya, dikawasan pintu masuk atau keluar perbatasan sudah ada pos yang dijaga oleh petugas kesehatan hewan Dinas Tanaman Pangan Hortikultura dan Peternakan Aceh Singkil, bersama TNI dan Polri. "Berkenaan dengan pengawasan PMK dari kejaksaan juga ikut melakukan pengawasan," tambahnya.  

Kuatno menyebutkan, setiap hewan ternak yang masuk ke Aceh Singkil harus dilengkapi dengan dokumen lengkap, seperti surat keterangan kesehatan dan bukan berasal dari daerah PMK. Kemudian setibanya di Aceh Singkil terhadap hewan ternak akan dilakukan karantina," sebutnya. (Red)

Komentar Anda

Terimakasih Atas Kunjungannya, Silahkan berkomentar dengan bijak, Komentar Spam dan/atau berisi link aktif tidak akan ditampilkan. Terimakasih.

Berita Terkini