-->

Pamekasan Punya Olahan Kuliner Menarik Menggugah Selera

REDAKSI

Foto: ilustrasi sajian kuliner khas Pamekasan campor lorjuk

PAMEKASAN – Berlibur ke kota pamekasan yang berada ditengah-tengah pulau madura nampaknya belum lengkap rasanya jika tidak mencicipi sajian kuliner yang menggugah selera salah satunya Campor Lorjuk, Sesuai namanya campor lorjuk merupakan sebuah sajian olahan yang bahan dasarnya menggunakan kerang lorjuk.


Pemberian nama lorjuk sendiri merupakan sebuah kerang yang tidak mudah untuk didapatkan karena teksturnya sangat kecil berbeda dengan jenis kerang yang lainnya.Nama lorjuk sendiri merupakan sebutan masyarakat sekitar yang tinggal di daerah pesisir pantai jumiang untuk kerang yang bentuknya menyerupai kerang bambu tersebut.


Dengan berukuran sekitar 2-3 inc kerang lorjuk sendiri hanya bisa ditemukan dipulau garam madura, Maka wajar rasanya kalau kuliner campor lorjuk khas Pamekasan tersebut tidak bisa ditemui di kota Lain.


Bentuknya yang meruncing menyerupai bambu disalah satu ujungnya keramg ini hanya bisa didapatkan saat air laut mulai surut bentuknya pun sangat kecil sekali, bagi masyarakat pendatang yang berkunjung ke pamekasan untuk menangkap kerang tersebut sangatlah sulit.


Penikmat campor lorjuk sendiri cukup banyak mulai dari kota Probolinggo, gersik hingga kota pahlawan Surabaya.


Kerang lorjuk tergoloh hewan langka karena hanya hidup di sepanjang perairan pantai yang datar dan landai seperti di Pamekasan.(idrus)
Komentar Anda

Terimakasih Atas Kunjungannya, Silahkan berkomentar dengan bijak, Komentar Spam dan/atau berisi link aktif tidak akan ditampilkan. Terimakasih.

Berita Terkini