-->

Anggaran Pemilihan Keuchik Sikeras 15 Juta, Panitia: Kita Maksimalkan Uang Yang Ada Saja

REDAKSI
Ketua P2K Kampung Sekeras, Lamwarni Manik


SINGKILTERKINI.NET, ACEH SINGKIL - Puluhan Desa di Kabupaten Aceh Singkil akan menggelar Pemilihan Keuchik serentak pada tanggal 14 November 2021 mendatang.

Mensukseskan pesta demokrasi itu, Pemerintah Kampung pun mengalokasikan anggaran atau masing-masing Panitia Pemilihan Keuchik (P2K) serentak tahun 2021 mendapatkan bantuan anggaran yang bervariasi (Disesuaikan dengan jumlah pemilih).

Salah satunya seperti anggaran yang diterima oleh Panitia Pemilihan Keuchik (P2K) Kampung Sikeras, Kecamatan Suro Makmur, Kabupaten Aceh Singkil.

Ketua P2K Sikeras, Lamwarni Manik mengatakan untuk mensukseskan pemilihan keuchik di Kampung Sikeras, pihaknya hanya menerima kucuran dana sebesar 15 juta rupiah yang bersumber dari Anggaran Pendapatan Belanja Kampung (APBKam) Sikeras tahun 2021.

Awalnya, kata Lamwarni, pihaknya menerima kucuran dana sebesar 10 Juta dari Pemerintah Kampung Sikeras.


"Setelah kami susun untuk kebutuhan biaya pemilihan keuchik, maka besaran anggaran yang dibutuhkan sebesar 30 juta," jelasnya.

Dikarenakan anggaran tidak mencukupi, pihaknya pun menyampaikan usulan penambahan anggaran ke pihak terkait agar tahapan pemilihan keuchik di Kampung Sikeras dapat berjalan lancar, apalagi gelaran Pemilihan Keuchik dilaksanakan dalam suasana Pandemi Covid-19.

Dari usulan tersebut, sambungnya, para pihak terkait tidak mengakomodir kebutuhan secara keseluruhan dan/atau hanya menambah sebesar 5 juta yang juga bersumber dari APBKam Sikeras tahun 2021.

Sehingga, total keseluruhan anggaran Pemilihan Keuchik yang diterima P2K Sikeras sebesar 15 Juta.

Bantuan itu, dirasakan sangat mepet oleh panitia pemilihan keuchik. Meski tidak mengganggu tahapan pemilihan keuchik, namun anggaran sebesar itu dinilai sangat minim.

Ditegaskannya, hinnga 5 November 2021, P2K Kampung Sikeras hanya menerima kucuran anggaran yang bersumber dari APBKam Sikeras. Sedangkan anggaran Pemilihan Keuchik yang bersumber dari APBK Aceh Singkil maupun sumbangan dari pihak lain yang tidak mengikat, tidak ada.

"Sejauh ini, anggaran yang tersedia belum menggangu terhadap tahapan, Kami maksimalkan uang yang ada saja," papar Lamwarni Manik, Jumat (5/11/2021).


Dirincikannya, uang tersebut digunakan diantaranya untuk biaya honorium P2K (9 orang), P2P (2 orang), KPPS (7 orang) dan Linmas (2 orang), dengan besaran honorium dinilai juga kurang sesuai jika dibandingkan dengan besaran honorium yang diterima oleh penyelengara Pemilu serentak tahun 2017 yang lalu.

Calon Keuchik

Ketua P2K Kampung Sikeras Lamwarni Manik menjelaskan pada Pemilihan Keuchik Kampung Sikeras diikuti oleh dua orang calon Keuchik.

Kedua calon Keuchik atau dua orang kandidat, yakni Hojor Manik (nomor urut 1), dan Derminton Berutu (Nomor urut 2).

TPS dan DPT

"Untuk TPS hanya 1 dikarena jumlah pemilih tetap pada pemilihan Keuchik Kampung Sikeras tahun 2021 ini berjumlah 481 pemilih," tambahnya.

Surat Suara

Lamwarni Manik menjelaskan bahwa P2K Kampung Sikeras sudah melakukan pencetakan surat suara.

Pencetakan surat suara tersebut tidak dilakukan oleh P2K, tetapi dilakukan oleh salah satu pihak percetakan di Aceh Singkil.

"Anggaran untuk surat suara perlembarnya kami anggarkan sebesar 1.500 rupiah," jelasnya. (Jml/Red)
Komentar Anda

Terimakasih Atas Kunjungannya, Silahkan berkomentar dengan bijak, Komentar Spam dan/atau berisi link aktif tidak akan ditampilkan. Terimakasih.

Berita Terkini