-->

DPD PPWI Babel Terbentuk, Wilson Lalengke: Jurnalistik Merupakan Alat Bangun Daerah Cerdaskan Warga

REDAKSI

Pangkalpinang - Ketua Umum Dewan Pengurus Nasional Persatuan Pewarta Warga Indonesia (PPWI), Wilson Lalengke, mengapresiasi pembentukan DPD PPWI Provinsi Kepulauan Bangka Belitung.

Proses pembentukan secara sederhana oleh sejumlah anggota PPWI di daerah itu, dilakukan di tengah pandemi Covid-19 dengan menerapkan protokol kesehatan. 

Meski demikian, pertemuan ini telah menghasilkan draft susunan kepengurusan DPD PPWI Bangka Belitung masa bakti 2021-2026.

"Saya mengucapkan selamat atas progres yang sudah dicapai oleh kawan-kawan PPWI di Bangka Belitung. Bagus, langkah pertama sudah dilakukan, tetap semangat meneruskan langkah berikutnya," kata Ketum PPWI Wilson Lalengke, melalui pesan singkatnya di WhatsApp, Selasa (24/08/2021).

Ia menambahkan, proses pembentukan kepengurusan pertama kali dalam sebuah organisasi diwujudkan melalui deklarasi bersama untuk kepengurusan di tingkat pusat, dan pemberian mandat pada kepengurusan daerah maupun cabang. 

Pemberian mandat, kata dia, bertujuan untuk memudahkan anggota melakukan koordinasi dan konsolidasi membentuk kepengurusan berdasarkan tingkatannya.

Selanjutnya, Wilson juga mengajak kalangan pers dan masyarakat untuk memantapkan peran dalam membangun Bangka Belitung lebih maju. 

"Saya mengajak rekan-rekan media dan warga pewarta maupun masyarakat umum di Bangka Belitung, untuk bersama-sama membangun daerah melalui jurnalistik, yang merupakan alat pencerdasan masyarakat di manapun, sepanjang masa," imbuh alumni PPRA-48 Lemhannas RI tahun 2012 ini.

Temu Silaturrahmi

Pembentukan DPD PPWI Bangka Belitung diinisiasi para anggota guna mengembangkan keberadaan organisasi pewarta warga di Bumi Laskar Pelangi. 

Setelah dua kali gagal melaksanakan pertemuan lantaran Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Level 4 kasus Covid-19 di Bangka Belitung, akhirnya para anggota berhasil menggelar temu silaturrahmi, di Cafe Yok Ngopi Pangkalpinang, Senin (24/08/2021).

"Tercatat tiga kali kita mengirimkan undangan melalui WA kepada delapan anggota PPWI di Bangka Belitung, untuk ikut temu silaturrahmi. Alhamdulillah baru sekarang terlaksana," kata Ali Rachmansyah, penggagas temu silaturrahmi.

Pertemuan mewacanakan pembentukan kepengurusan DPD PPWI Provinsi Kepulauan Bangka Belitung. 

"Karena para anggota PPWI di Babel belum pernah bertemu dan saling kenal, maka temu silaturrahmi inilah moment  yang tepat, sekaligus merumuskan rencana pengembangan organisasi PPWI di Bangka Belitung, melalui pembentukan kepengurusan," tambah Ali.

Kehadiran PPWI di Babel diharapkan mengakomodir kebutuhan dan kepentingan para pewarta warga di daerah, tanpa sekat batasan umur, pendidikan, latar belakang ekonomi dan pekerjaan, dan lain-lain. 

Bertolak dari hal itulah, anggota yang hadir sepakat membentuk DPD PPWI Provinsi Kepulauan Bangka Belitung.

"Langkah awal untuk mewujudkan rencana tersebut, dimusyawarahkanlah pembentukan Kepengurusan DPD PPWI Provinsi Kepulauan Bangka Belitung masa bakti 2021-2026," jelas Ali Rachmansyah.

Adapun kesepakatan bersama dalam pertemuan itu, secara aklamasi menunjuk Ali Rachmansyah sebagai Ketua DPD PPWI Provinsi Kepulauan Bangka Belitung masa bakti 2021-2026.

Selain itu disusunlah formasi pengurus lainnya, yakni Rozi, SE dan Sahrussalis sebagai Wakil Ketua, Ismail sebagai Sekretaris, Syahrial dan Ayirah sebagai Wakil Sekretaris, serta Maryadi di posisi Bendahara dan Sri Agus Monica menjabat sebagai Wakil Bendahara.

Kepengurusan ini masih akan disempurnakan dengan menambahkan personil di beberapa biro.

Ditambahkan Ali, hasil kesepakatan ini akan diusulkan kepada DPN PPWI untuk ditindaklanjuti menjadi susunan kepengurusan definitif, yang kemudian akan dibuatkan surat keputusan oleh Ketua Umum DPN PPWI. (*)
Komentar Anda

Terimakasih Atas Kunjungannya, Silahkan berkomentar dengan bijak, Komentar Spam dan/atau berisi link aktif tidak akan ditampilkan. Terimakasih.

Berita Terkini