-->

Personil Koramil Danau Paris Sosialisasi Bahaya Karhutla ke Masyarakat

REDAKSI


SINGKILTERKINI.NET,ACEH SINGKIL- Personil Koramil 0109-07/Danau Paris melakukan sosialisasi tentang larangan membakar hutan dan lahan (karhutla), kepada masyarakat di wilayah Kecamatan Danau Paris, Kabupaten Aceh Singkil, Kamis (15/4/2021).

Danramil 0109-07/Danau Paris Lettu Inf. Muhammad Jamin mengatakan sosialisasi karhutla akan terus dilakukan oleh seluruh anggota Koramil dengan turun langsung ke desa-desa.

Menurut Danramil, sosialisasi itu dilakukan dalam rangka mencegah terjadinya kebakaran hutan dan lahan di wilayah Kecamatan Danau Paris, sehingga diharapkan akan mampu memberikan pemahaman kepada masyarakat agar tidak melakukan pembakaran hutan dan lahan secara sembarangan,karena hal tersebut  dapat merugikan diri sendiri serta orang lain.

Danramil juga menyampaiakan tentang ancaman pidana bagi siapapun yang dengan sengaja melakukan pembakaran hutan dan lahan.

Ancaman pidana ini, sambungnya, tertuang dalam KUHP Pasal 187 dan 188, serta Undang-Undang (UU) Nomor 41 tahun 1999 tentang Kehutanan pasal 78, dengan ancaman hukuman pidana paling lama 15 tahun penjara dan denda Rp 5 miliar.

"Kami ingin seluruh masyarakat khususnya di Kecamatan Danau Paris ini jangan sampai ada yang melakukan kegiatan pembukaan lahan dengan cara dibakar, dan apabila terjadi kebakaran hutan dan lahan,agar segera melapor kepada Babinsa sehingga bisa dilakukan upaya pemadaman secepatnya," sebutnya.

Terpisah,Camat Danau Paris Zulhelmi mengatakan, sangat berterima kasih dan mengapresiasi kegiatan sosialisasi yang di lakukan oleh personil Koramil 0109-07/Danau Paris.

"Semoga dengan sosialisasi yang dilakukan, diharapkan masyarakat akan semakin sadar, paham, dan mengerti resiko dari karhutla, serta bisa melakukan langkah penanggulangan yang pada akhirnya nanti dapat menekan jumlah karhutla yang terjadi khususnya di wilayah Kecamatan Danau Paris. (Rel)
Komentar Anda

Terimakasih Atas Kunjungannya, Silahkan berkomentar dengan bijak, Komentar Spam dan/atau berisi link aktif tidak akan ditampilkan. Terimakasih.

Berita Terkini