-->

 


Kapus Gunung Meriah: Pusling Untuk Meningkatkan Pelayanan Kesehatan

Redaksi NKRI

 


SINGKILTERKINI.NET, ACEH SINGKIL - Puskesmas keliling (Pusling) adalah kegiatan puskesmas yang bertujuan untuk meningkatkan pelayanan kesehatan terutama yang berhubungan dengan promotif dan preventif.

Selain itu, Pusling merupakan jaringan pelayanan Puskesmas yang sifatnya bergerak (mobile), untuk meningkatkan jangkauan dan kualitas pelayanan bagi masyarakat di wilayah kerja Puskesmas yang belum terjangkau oleh pelayanan dalam gedung Puskesmas.

"Pusling dilaksanakan secara berkala sesuai dengan jadwal yang telah ditetapkan dengan memperhatikan siklus kebutuhan pelayanan," kata Kepala Puskesmas Gunung Meriah, Haryono, saat dimintai tanggapan terkait manfaat Puskesmas Keliling, Selasa (5/12/2021).

Haryono menjelaskan, untuk unit pelayanan kesehatan keliling dilengkapi dengan kendaraan roda 4, rodan 2, peralatan kesehatan, peralatan komunikasi hingga sejumlah tenaga yang berasal dari Puskesmas.

"Pusling ini untuk menunjang dan membantu melaksanakan kegiatan-kegiatan Puskesmas dalam wilayah kerjanya yang belum terjangkau oleh pelayanan kesehatan," kata Haryono.

Kegiatan Pusling, diantaranya memberikan pelayanan kesehatan kepada masyarakat di daerah terpencil yang tidak terjangkau oleh pelayanan Puskesmas atau Puskesmas Pembantu.

Kemudian, melakukan penyelidikan tentang kejadian luar biasa, dipergunakan sebagai alat transpor penderita dalam rangka rujukan bagi kasus gawat darurat, termasuk melakukan penyuluhan kesehatan.

Pusling bertujuan untuk meningkatkan jangkauan dan mutu pelayanan kesehatan bagi masyarakat terutama masyarakat di daerah terpencil/sangat terpencil dan terisolasi baik di darat maupun di pulau-pulau kecil serta untuk menyediakan sarana transportasi dalam pelaksanaan pelayanan kesehatan," jelasnya.

"Jadi, Pusling ini berfungsi sebagai sarana transportasi petugas, sarana transportasi logistik; sarana pelayanan kesehatan; dan Sarana pendukung promosi kesehatan," ujarnya.

Sedangkan peran dari Pusling adalah Meningkatkan akses dan jangkauan pelayanan dasar di wilayah kerja Puskesmas, mendukung pelaksanaan pelayanan kesehatan di daerah yang jauh dan sulit.

Lalu, mendukung pelaksanaan kegiatan luar gedung seperti Posyandu, Imunisasi, KIA, penyuluhan kesehatan, surveilans, pemberdayaan masyarakat, dll. "Termasuk ikut mendukung pelayanan rujukan dan mendukung pelayanan promotif dan preventif," sebutnya.

Ditambahkannya, bahwa Puskesmas Gunung Meriah sejauh ini sudah memiliki dua unit Mobil Pusling. "Totalnya ada dua unit mobil Pusling," ungkapnya. (Jml)
 
Komentar Anda

Terimakasih Atas Kunjungannya, Silahkan berkomentar dengan bijak, Komentar Spam dan/atau berisi link aktif tidak akan ditampilkan. Terimakasih.

Berita Terkini