-->

 


Peringati HJK ke-75, Yonif Raider 301/PKS Gelar Doa Bersama dan Santuni Anak Yatim

REDAKSI

Danyonif R-301/PKS, Mayor Inf Wahyu Alfiyan Arisandi S.Ip , M.Ipol memberikan santunan kepada anak yatim piatu saat doa bersama dalam rangka memperingati Hari Juang Kartika ke-75 tahun 2020.


SINGKILTERKINI.NET, SUMEDANG - Batalyon Infanteri Raider 301/Prabu Kian Santang (Yonif-R 301/PKS) menggelar doa bersama dan menyantuni anak yatim piatu sebagai ungkapan syukur dalam rangka memperingati Hari Juang Kartika (Hari Juang TNI AD) ke-75 tahun 2020.

Doa bersama dan memberi santunan kepada anak yatim tersebut dilaksanakan di Markas Yonif-R 301/PKS, Rabu (16/12/2020).

Acara yang dihadiri Komandan Batalyon Infanteri Raider 301/Prabu Kian Santang (Danyonif-R 301/PKS), Mayor Inf Wahyu Alfiyan Arisandi S.Ip , M.Ipol itu diikuti sejumlah anak yatim piatu dari wilayah Kabupaten Sumedang yang sengaja diundang dalam acara tersebut.


"Doa bersama ini sebagai bentuk rasa syukur kami dalam rangka memperingati HJK ke-75. Kami juga berbagi dengan anak yatim piatu sebagai bentuk kepedulian sosial kita kepada mereka," kata Wahyu dalam keterangannya kepada Singkilterkini.net.

Wahyu menjelaskan, bahwa Hari Juang Kartika atau yang dikenal dengan Hari Juang TNI-AD yang diperingati setiap tanggal 15 Desember merupakan cerminan dari Kisah heroik prajurit TKR yang dipimpin Kolonel Soedirman dalam memukul mundur Pasukan Belanda yang di Boncengan Sekutu dalam pertempuran 4 Hari di Ambarawa mulai tanggal 12-15 Desember 1945.

"Untuk memperingati Prajurit TKR yang Gugur (merupakan cikal Bakal Prajurit TNI ) maka tanggal 15 Desember 1945 yang dikenal dengan Palagan Ambarawa diperingati sebagai Hari Juang Kartika," ujar Mantan Kasdim 0109/Aceh Singkil itu.


Ditambahkannya, bahwa seiring dengan pandemi Covid -19 yang saat ini semakin menjadi momok bahwa peringatan Hari juang Kartika ke-75 yang biasanya diperingati dengan kemeriahan Parade dan Devile Militer maka tahun ini lebih dititik beratkan pada kegiatan bhakti sosial dan Doa bersama.

"Kegiatan Kali ini yang dilakukan oleh Prajurit Raider 301/PKS diantaranya melakukan Doa bersama, Syukuran, Pemotongan Tumpeng dan memberikan Santunan kepada Anak Yatim Piatu," sebut Wahyu yang merupakan Abituren Akmil 2003.

Kegiatan tersebut, ungkap Wahyu, merupakan wujud kepedulian TNI terhadap Anak Yatim yang terkena imbas dari dampak Pandemi Covid-19.



Dalam Islam, sambungnya, anak yatim merupakan seseorang yang istimewa dan dimuliakan oleh Allah SWT. Dengan begitu, Islam menganjurkan untuk menyantuni, merawat, mengasihi dan menyayangi anak yatim-piatu.

"Karena itulah, pada hari ini dalam suasana memperingati HJK ke-75, Yonif-R 301/PKS melaksanakan kegiatan do’a bersama dan santunan anak yatim piatu dari Yayasan Mitra Istiqomah dan Siswa SLB Negeri B Sumedang," ungkapnya. (Jamal/Red)
Komentar Anda

Terimakasih Atas Kunjungannya, Silahkan berkomentar dengan bijak, Komentar Spam dan/atau berisi link aktif tidak akan ditampilkan. Terimakasih.

Berita Terkini