-->

Pemkab Lebak Kembali Raih Penghargaan Innovation Government Award

REDAKSI

SINGKILTERKINI.NET, LEBAK - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lebak, Provinsi Banten kembali meraih penghargaan Innovation Government Award (IGA) 2020 dari Pusat Litbang Inovasi Daerah, Badan Penelitian dan Pengembangan (BPP) Kementerian Dalam Negeri Republik Indonesia.


Penghargaan ini diberikan Sekretaris Balitbang Kemendagri RI, Dr Kurniasih, kepada Bupati Lebak Iti Octavia Jayabaya pada ajang Innovation Government Award 2020 di Hotel Sultan Jakarta, Jumat 18 Desember 2020.

Pemberian penghargaan tersebut sebagai bentuk apresiasi Pemerintah Pusat kepada Pemerintah Daerah yang telah berupaya melakukan berbagai perubahan dengan inovasi-inovasinya terutama yang berkaitan dengan upaya peningkatan kualitas pelayanan publik.

Sekretaris Jenderal Kemendagri, Dr. Ir. Muhammad Hudori, M.Si dalam sambutannya mengapresiasi kepada Pemerintah Provinsi/Kabupaten/Kota serta seluruh pemangku dan menganggap acara ini sebagai momentum yang sangat baik dan perlu di apresiasi terhadap langkah besar yang dilakukan pemerintah daerah dalam reformasi sektor pelayanan publik dan tata kelola pemerintah melalui berbagai inovasi daerah baik dalam bentuk pelayanan publik, tata kelola pemerintahan dan penyelenggaraan urusan pemerintahan daerah.

"Selamat kepada pemerintah daerah yang terpilih sebagai pemerintah daerah yang sangat inovatif, semoga pemberian penghargaan pemerintahan daerah dengan predikat sangat inovatif berdasarkan indeks inovasi daerah 2020 dapat bermanfaat dan memotivasi daerah untuk dapat lebih baik lagi kedepan," ujar Muhammad Hudori.

Keikutsertaan Kabupaten Lebak pada ajang IGA 2020 sebagai bentuk komitmen terhadap pelaksanaan amanat Peraturan Pemerintah Nomor 38 tahun 2017 Tentang
Inovasi Daerah, juga dalam rangka menindaklanjuti Surat Menteri Dalam Negeri RI Nomor : 002.6/2866/SJ, Tanggal 14 April 2020, Perihal Penilaian Indeks Inovasi
Daerah dan Pemberian Penghargaan Innovation Government Award (IGA) Tahun 2020.

Sementara itu, Iti Octavia berharap perangkat Daerah yang memiliki tugas pokok dan fungsi untuk menumbuhkan dan melakukan pembinaan terhadap inovasi daerah bisa terus berupaya menghadirkan berbagai inovasi yang lahir dari pemikiran para ASN dan juga masyarakat.

"Hal yang penting adalah bagaimana agar inovasi yang telah ada dapat diimplementasikan dengan baik dan terlaksana secara berkesinambungan," ujar Bupati Lebak.

Pemerintah Kabupaten Lebak, sambungnya, akan terus berupaya untuk memacu kinerja para pegawai agar melakukan berbagai terobosan dalam rangka meningkatkan kualitas pelayanan kepada masyarakat.

Selanjutnya, Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Virgoyanti menjelaskan, Bappeda melakukan inventarisasi dan pendataan inovasi yang penerapannya dimulai sejak 1 Januari 2017 sampai 31 Desember 2019, sesuai dengan ketentuan IGA 2020.

Dari hasil pendataan inovasi di Kabupaten Lebak terhadap 33 OPD, 28 Kecamatan dan 43 Puskesmas diperoleh 35 inovasi yang berasal dari 12 OPD, 3 Puskesmas dan 1 Kecamatan.

Dari 35 inovasi tersebut, terdapat 8 inovasi diantaranya merupakan inovasi yang terkait penerapan New Normal Produktif dan Aman Covid-19 yang sifatnya masih baru, karena baru muncul di tahun 2020, sehingga hanya 27 inovasi yang memenuhi ketentuan IGA 2020.

Pemerintah Kabupaten Lebak, Ia meneruskan, sudah 2 kali mendapatkan penghargaan IGA dari Kementerian Dalam Negeri, pertama pada tahun 2017 dan yang kedua di tahun 2020 ini. (Rel/**)
Komentar Anda

Terimakasih Atas Kunjungannya, Silahkan berkomentar dengan bijak, Komentar Spam dan/atau berisi link aktif tidak akan ditampilkan. Terimakasih.

Berita Terkini