-->

Air Sungai Lae Cinandang Meluap, Sejumlah Desa di Gunung Meriah Terendam

REDAKSI


SINGKILTERKINI.NET, ACEH SINGKIL – Hujan deras yang mengguyur wilayah Kabupaten Aceh Singkil dan sekitarnya, menyebabkan banjir luapan di beberapa daerah aliran sungai (DAS).

Di Kecamatan Gunung Meriah, Sungai Lae Cinandang tidak mampu menahan debit air dari pegunungan sehingga meluap di sepanjang DAS tersebut.

Kapolsek Gunung Meriah Ipda Mulyadi SH,MH mengatakan, hujan deras yang mengguyur wilayah Kaupaten Aceh Singkil dan sekitarnya sejak beberapa hari terakhir menyebabkan rumah penduduk di sejumlah desa di Kecamatan Gunung Meriah terendam banjir.

"Akibat hujan deras yang melanda wilayah Aceh Singkil dan sekitarnya mengakibatkan empat desa di aliran Sungai Lae Cinandang, yaitu Desa Rimo, Cingkam, Sianjo-anjo Meriah, dan Desa Tanah Merah terendam banjir," ujar Ipda Mulyadi saat melakukan pengecekan lokasi banjir bersama Muspika Gunung Meriah, Sabtu (21/11/2020).

Mulyadi menjelaskan, banjir selain merendam pemukiman penduduk juga ikut merendam akses jalan penghubung antar Kecamatan Gunung Meriah dengan Kecamatan Singkohor dengat debit air berkisar antara 40-60 cm.

"Alhamdulillah, hingga kini akses penghubung yang terendam oleh air banjir luapan sungai Lae Cinandang masih dapat dilintasi kendaraan roda dua maupun roda empat," jelasnya.

Mulyadi menambahkan, banjir yang melanda 4 desa di Kecamatan Gunung Meriah merupakan banjir kiriman. "Banjir yang merendam wilayah Kecamatan Gunung Meriah merupakan banjir kiriman dari sejumlah daerah," sebutnya.

Ia juga menghimbau kepada masyarakat khususnya yang berdomisili diseputaran sungai Lae Cinandang untuk tetap siaga. (Jml/Red)
Komentar Anda

Terimakasih Atas Kunjungannya, Silahkan berkomentar dengan bijak, Komentar Spam dan/atau berisi link aktif tidak akan ditampilkan. Terimakasih.

Berita Terkini