-->


 

Pengalaman Pembelajaran Jarak Jauh di Era Pandemi Covid-19

REDAKSI

Nendisyah Putra


SINGKILTERKINI.NET- Situasi yang lagi mencemaskan dan merugikan banyak orang, baik dari segi Ekonomi, Sosial Masyarakat apa lagi pendidikan sangat merugikan pada saat pandemi ini. Tapi, itu semua tidak menurunkan semangat pendidik dalam mengevaluasi pembelajaran apa lagi pada suasana New Norma.

Harapan kita semoga suasana seperti ini cepat berlangsung sirnah, agar aktifitas pendidik bisa seperti dulu lagi dalam mendidik para generasi Bangsa Indonesia.

Metode Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ), sangat membatu guru dan siswa dalam mengevaluasi pembelajaran walaupun tidak tatap muka seperti biasa. Namun, semagat itu tetap ada dalam belajar secara daring menggunakan aplikasi.

Hal ini membuat siswa terus belajar seperti biasa bahkan pembelajaran bisa menambah wawasan siswa dalam pembelajaran di Era 4.0 dengan melibatkan robot yang membatu manusia,

Pembelajaran terus memberikan edukasi kepada siswa di dalam belajar, Disamping belajar bidang studi, siswa juga di tuntut untuk mengaplikasikan pemahaman melalui Teknologi. Tujuannya untuk mengenalkan sistem-sistem Teknologi yang dapat di gunakan secara positif baik menggunakan aplikasi maupun metode belajar menggunakan Aplikasi.

Dalam hal ini guru juga dituntut untuk memahami pemahaman siswa agar cepat tanggap dalam pelajaran ini. Artinya, setiap guru memiliki target dalam pembelajaran PJJ agar siswa mampu memanfaatkan aplikasi moderen saat sekarang ini.

Dampak Positif dalam pembelajaran ini, agar mengasah pemikiran siswa dalam mengemban tugad-tugas yang diberikan guru baik secara bidang studi maupun dalam mengolah aplikasi. Disisi lain, sistem ini bisa meningkatkan pemaham siswa di dalam belajar.

Sering kita melihat beberapa siswa yang selama ini banyak menggunakan teknologi tidak tepat guna bahkan membuat siswa itu ke arah negatif. Dengan ada nya pembelajaran secara PJJ dengan megunakan aplikasi online guru berperan mengarahkan siswa dalam penggunaan aplikasi, baik dalam sistem belajar maupun dalam bidang jurnal ilmiah yang menambah pemahaman siswa dalam berinteraksi dengan aplikasi yang moderen saat ini.

Dari segi Positif Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) juga memiliki dampak Negatif nya,baik secara moral maupun secara akhlak. Guru juga terbatas dalam membimbing siswa dari segi karakter nya di dalam beraktifitas baik belajar main aktifitas lai nya.

Hal ini tentu berperan sangat aktif untuk dalam membina sikap siswa dan akhlak untuk di persentase kan kepada masyarakat. Itulah ukuran seorang siswa pembeda antara masyarakat yaitu kemampuan jiwa di dalam beretika terhadap sesama Bai sama siswa,masyarakat,guru dan orang tua.

Pembelajaran ini tidak begitu ribet dalam melakuka nya, bahkan sistem ini lebih cepat untuk di ekspor kepada siswa bahkan lebih instan dalam memgkemas pelajaran untuk di bagikan kepada siswa. Hal ini juga tidak terlepas dari bimbingan guru dalam mengarahkan pembelajaran baik dari segi waktu belajar, latihan soal, tugas soal maupun pratukum dalam memahami soal.

Tahapan belajar ini tidak mengurangi rancangan pembelajaran bahkan guru lebih fleksibel dalam menerangkan latihan kepada siswa dengan Model Pembelajaran menggunakan Aplikasi teknologi.jadi, pembelajaran sesuai dengan kurikulum K13 dengan Metode Daring.

Metode Pembelajaran ini meningkatkan kualitas pendidikan secara cepat dan berkualitas dalam menyajikan hasil dari pembelajaran. Bahkan seorang guru terbantu dengan aplikasi pembelajaran ini dalam menerangkan soal-soal kepada siswa.

Disamping itu, seorang siswa juga di wajibkan aktif dalam bertanya bebas dalam konteks pembelajaran studi, waktu yang di gunakan bahkan tidak terbatas bisa sampai 3 jam pelajaran dalam sekali tema. Tujuan nya agar semua siswa paham apa yang disajikan seorang guru.

Tugas-tugas yang di emban kepada siswa tentu berbeda dengan mesti nya, tugas pembelajaran ini suswa lebih di tekankan kepada materi yang di hubungkan kepada aplikasi. Kemudian siswa di tuntut untuk menyajikan tugas nya dalam bentuk aolijasi.

Penilain siswa tergantung usaha yang di lakukan nya dalam pembelajaran ini,nilai nya langsung di tampilkan kepada siswa lain, agar menlmbangkitkan motivasi dalam bajar secara efektif dengan metode PJJ.

Target yang di capai seorang siswa disini adalah cepat tanngap dalam memahami pembelajaran, menguasai aolikasi, bisa memanfaatkan aplikasi kearah positif,bisa memperdengarkan hasil kerja nya, mampu mengolah permasalah atau ulasan yang diberikan seorang guru, bisa memotivasi kawan sejawat dengan hasil yang di miliki setiap siswa, mampu mengaplikan pembelajaran secara daring dan bisa menyimpulkan setiap pembelajaran seca seksama dan aktual menggunakan aplikasi.

Metode pembelajaran ini membuat guru mampu memberikan pembelajaran yang efektif condong kepada hal materi secara praktik menggunakan materi yang di ampuh nya,melalui pembelajaran daring ini siswa di ajak oleh guru lebih aktif dalam berpikir secara instan dan tepat sasaran.

Setelah paparan disampaikan oleh guru murid langsung mengerjakan latihan yang telah disajikan dalam bentuk soal kemudian dijabarkan melalui PDF sedetai nya dan dikembangkan secara langsung menggunakan aplikasi yang sesuai dengan materi yang telah di kerjakan.

Keunggulan Pembelajaran ini adalah siswa dapat mengenal motode aplikasi, proses yang di lakukan di pembelajaran ini lebih ke materi pembelajaran yang berbasis kumunikasi yang dapat mengenalkan kepada mereka betapa penting nya teknologi untuk digunakan dalam belajar,agar siswa tidak cendrung boring dalam belajar,teori jarang digunakan dalam pembelajaran tatap muka. Selami ini mereka hanya disajikan dalam bentuk menulis saja.

Proses pembelajaran ini bisa meningkatkan ingatan siswa dalam proses belajar dikarenakan semua sudah dikemas dalam bentuk aplikasi. Jadi, kebiasaan siswa yang selama ini datang duduk dan diam saat pembelajaran tatap muka membuat mereka boring diruangan.

Dengan mengenal aplikasi teknologi pembelajaran menggunakan aplikasi ini siswa ditekankan untuk melaksanakan tugas tanpa harus mencotek jawaban siswa lain.hal ini lah yang berbeda dengan pembelajaran tatap muka.

Seorang guru tidak terlalu ribet di dalam menilai siswa yang aktif karna masng-masing tugas yang dibuat oleh siswa bisa dijabarkan melalui PDF atau aplikasi yang telah ditentukan.

PJJ ini di samping pembelajaran online juga mampu merubah kebiasan siswa yang nakal,tidak mengerjan soal untuk lebih giat belajar,persaingan di dalam belajar terus kita lakukan agar siswa semangat untuk menyaingi kawan belajar nya.

Peran pembelajaran ini bertuan untuk mengasah kembali pemikiran siswa dalam berinteraksi kepada guru menggunakan aplikasi,tentu hal ini butuh proses yang cepat agar setiap materi pembelajaran cepat di konsumsi oleh siswa dan tida ada kata tida bisa.

Semua siswa di tuntut agar bisa melalukan pembelajaran dimanapun berada.siswa yang tidak mengerjakan tugas dari guru maka dia akan minder dari siswa lain.

Jaman yang makin berkembang saat ini sangat cocok digunakan di tengah pembelajaran siswa agar mereka terinspirasi dalam belajar yang selama ini belum memahami penggunaan aplikasi.harapan ini mudadahan membuat ilmu baru bagi generasi milineal untuk melahirkan talenta generasi yang berbaur dengan aplikasi.

Sistem penilai guru dalam pembelajaran jarak jauh (PJJ) yaitu siswa yang aktif dalam komunikasi baik secara tulisan jawaban soal main secara lisan,siswa yang aktif mempresentasikan hasil tugas nya dalam bentuk aplikasi baik secara jurnal maupun wawancara, siswa yang aktif memanfaatkan aplikasi dalam pembelajaran.

Inilah ukuran guru yang dapat memberikan nilai kepada siswa secara nyata dan tidak ada bantuan nilai dalam melaksanakan tugas ini.

Hikmah dalam pembelajaran ini adalah seseorang di tuntut menggunakan aplikasi moderen mengarah kepada kemajuan dunia pendidikan yang positif. Metode tepat guna bisa di peran oleh aplikasi guna pencerahan seorang pendidik.

Kemudian, penggunaan bisa instan dilakuan setiap pembelajaran tanpa menunggu lama. Hal ini yang kita bimbing agar setiap siswa mampu dalam memproses nya agar lebih mudah dalam belajar.

Menariknya, pembelajaran PJJ setiap siswa dan guru memliki konektif yang aktif walapun Cuma sebatas tatap wajah saja. Namun, hal itu lebih efektif dalam belajar.

Guru disini mengajarkan sesuai kemampuan siswa yang dimiliki nya tapi guru juga mesti memiliki target yang cepat dalam melakukan proses ini supaya siswa nya agar semanagat dalam membenah diri dalam belajar.

Konsekuen itulah yang terus dilakukan seorang guru yang dalam musim pandemi ini. Tujuannya adalah agar tidak terjadi pembodohan secara merata, maka dari guru sangat berperan aktif dalam pembelajaran ini.

Sehebat Apapun aplikasi bila guru tidak bisa mengayomi siswa nya dengan sistem yang di sukai murid, maka seorang guru pun pasi menjadi masalah dalam melakukan pembelajaran kepada siswa, berdampak ketidak pahaman siswa dalam memahami penjelasa guru.

Poin ini sangat utama yang di lakukan guru bidang Studi dalam memulai pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) menggunakan aplikasi Online.

Apalagi, keseriusan Guru bidang Studi di dalam memberi pelajaran kepada siswa harus lah menggunakan teori yang sukar jangan menjadi sulit untuk di pahami siswa. Hal ini sangat mengganggu emosi siswa berhasil atau tidak nya materi seorang guru.

Guru memberikan percontohan materi yang dekat dengan siswa agar cepat merespon menteri tersebut. langkah ini kececikan antara guru dan murid dengan menggunakan aplikasi online.

Terkadang terganggu nya pembelajaran di sebabkan adanya praktikum yang menyulitkan siswa dalam belajar atau jaringan yang kurang memadai, nah hal ini harus bisa di atasi seorang guru dalam mengayomi siswa nya yang malas di alasan kan hal ttersebut.

Tantangan-tangan seperti itu terkadang seorang siswa jenuh di dalam belajar atau mendengar penjelasan dari seorang guru, maka perlu digunakan dengan cara baik parodi maupun stimulasi yang bercanda tapi berkesan serius. seorang guru mampu menggunakan teori dalam menguasai murid yang seperti ini.

Kesimpulan dalam pembelajaran jarak jauh (PJJ) menimbulkan kreasi baru setiap peserta pendidik,memberikan pemahan yang luas terhadap aplikasi, meningkatkan pola berpikir siswa agar lebih aktif,merubah sistim monoton siswa men menjadi lebih berkembang, penyajian pembelajaran yang instan dan akurat dan menimbulkan ide yang berlian terhadap siswa dalam bentuk materi yang disampaikan dalam memerankan aplikasi jaman era 4.0 saat ini,semoga dari paparan diatas dapat bermanfaat untuk dunia pendidikan yang lebih maju.

Penulis: Nendisyah Putra
Komentar Anda

Terimakasih Atas Kunjungannya, Silahkan berkomentar dengan bijak, Komentar Spam dan/atau berisi link aktif tidak akan ditampilkan. Terimakasih.

Berita Terkini