-->

Pemerintah Kecamatan Singkohor Gelar Sosialisasi Aplikasi eDMC-19 dan eHDW

REDAKSI
Foto bersama

SINGKILTERKINI.NET, ACEH SINGKIL- Kementerian Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Republik Indonesia (Kemendes PDTT RI) meluncurkan Aplikasi Desa Melawan Covid 19 (eDMC-19).

Aplikasi eDMC-19 ini membantu tim relawan desa dalam melaksanakan kegiatan dan aktifitasnya, serta memberikan edukasi dan informasi secara real time tentang Covid-19 kepada Pemerintah Daerah, Provinsi dan Pusat dalam menentukan kebijakan penanganan dan pencegahan penyebaran Covid-19.

Sosialisasi Aplikasi Desa Melawan Covid 19 (eDMC-19) dan aplikasi Human Development Worker (eHDW) yang digelar oleh Pemerintah Kecamatan Singkohor berlangsung di Aula Kantor Camat Singkohor, Kabupaten Aeh Singkil, Jum'at (24/7/2020).

Kegiatan ini diikuti oleh 1 orang operator desa dan 2 orang Kader Pemberdayaan Masyarakat (KPM) dari Desa Lae Pinang, Singkohor, Lae Sipola, Mukti Jaya, Sri Kayu dan Desa Pea Jambu.

Sosialisasi ini berdasarkan atas Surat Edaran (SE) Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Nomor 13 Tahun 2020 tentang Pemanfaatan Penggunaan Aplikasi Desa Melawan Corona Virus Desease 19 (Covid-19) dan Human Development Worker.

Pendamping Desa Kecamatan Singkohor, Saryo, S.Pd dalam materinya mengatakan Aplikasi eDMC19 merupakan aplikasi seluler berbasis android sebagai alat bantu Tim Relawan/Gugus Tugas Desa Covid-19 untuk memantau tingkat kerawanan Desa terhadap pandemi Covid-19.

Sedangkan aplikasi Human Development Worker (eHDW), kata Dia, merupakan aplikasi seluler berbasis android sebagai alat bantu kerja Kader Pembangunan Manusia (KPM) dalam melakukan pendataan dan pemantauan layanan pencegahan stunting di Desa. Kedua aplikasi ini perlu dipahami dan segera dimanfaatkan oleh Desa.

"Penanganan Covid 19 dan stunting memerlukan kecepatan dan sinergitas antar sektor, untuk itu ketepatan, keakuratan dan kecepatan data tersaji real time sangat diperlukan," ujar Saryo.

Pengguna dari aplikasi eDMC-19 ini adalah Kades, Operator eDMC, operator eHDW Kader Pembangunan Manusia (PKM) untuk memonitor proses dan hasil penginputan data sekaligus mengetahui kondisi desa dan Operator untuk menginput data pada aplikasi.

Fitur-fitur Aplikasi eDMC diantaranya adalah Kegiatan Gugus Tugas, Pemantauan Desa (Laporan Mingguan, Bulanan dan 3 Bulanan), Diagnostik, Media, dan Dukungan Kesehatan, Pendampingan dan Teknis. Dalam setiap fitur-fitur yang ada terdapat beberapa isian yang harus diisi oleh operator aplikasi.

Turut hadir dalam sosialisasi itu, diantaranya Camat Singkohor Riki yodiska,S,STP.M.Si, Kasi PMD Singkohor Hendro Wanto.S.ST Tenaga Ahli Pelayanan Sosial Desa Nuzuli.S.Pd, Tenaga ahli Pemberdayaan masyarakat Desa Baliyani.S.Hut dan Pendamping Desa Teknik Infrastuktur Rendynata Bedros ST, Pendamping Lokal Desa Muttaqin S.Pd dan Mahbub S.Pd. (Fandi)
Komentar Anda

Berita Terkini