-->
  • Jelajahi

    Copyright © Singkil Terkini
    Penerbit PT Media Singkil Terkini

    Iklan

    Forkopimcam Gunung Meriah Sosialisasi Penerapan AKB Cegah Covid-19 Bagi Tamu Penginapan dan Pengunjung Tempat Wisata

    REDAKSI
    Wednesday, July 15, 2020, Wednesday, July 15, 2020 WIB Last Updated 2020-07-15T14:48:05Z
    Pengecekan suhu tubuh pengunjung wisata Kolam Renang Pulo Madura di Kecamatan Gunung Meriah

    SINGKILTERKINI.NET, ACEH SINGKIL - Forum Kordinasi Pimpinan Kecamatan (Forkopincam) Gunung Meriah mendatangi tempat penginapan, terminal dan tempat wisata yang ada di wilayah Kecamatan Gunung Meriah, Kabupaten Aceh Singkil.

    Kepala UPT Puskesmas Gunung Meriah, Haryono mengatakan kegiatan itu dilakukan untuk mensosialisasikan penerapan adaptasi kebiasaan baru (AKB) cegah Covid-19 kepada pemilik penginapan, pengelola terminal maupun kepada pemilik tempat wisata.

    Dalam kegiatan itu, kata Haryono, forkopimcam gunung meriah melalui petugas medis juga melakukan pengecekan suhu tubuh dengan menggunakan alat pengukur suhu tubuh terhadap tamu di Penginapan Indah Sari dan Penginapan Keluarga.

    Pengecekan suhu tubuh penumpang di terminal Gunung Meriah 

    Hal serupa, sambungnya, juga dilakukan terhadap para penumpang di terminal terpadu dan terhadap pengunjung Kolam Renang Pulo Madura (tempat wisata) di Kecamatan Gunung Meriah, Aceh Singkil.

    "Alhamdulillah, hasil pengecekan suhu tubuh baik terhadap para tamu di penginapan, penumpang di terminal maupun pengunjung di Kolam renang tidak ada yang terindikasi Covid-19," ujar Haryono.

    Sementara itu, Kapolsek Gunung Meriah, Ipda Mulyadi menjelaskan, dalam kegiatan itu pihaknya juga melakukan mengecek langsung kesiapan pemilik penginapan, pengelola teminal dan pemilik kolam renang madura dalam mencegah penyebaran virus corona atau Covid-19.

    Suasana pengecekan di Losmen Indah Sari

    Dalam kegiatan itu, sambungnya, juga ikut diingatkan pemilik penginapan, pengelola terminal dan pemilik kolam renang untuk melakukan antisipasi pencegahan Covid-19 diantaranya menyiapkan hand sanitizer dan mewajibkan pegunaan masker dan pengecekan suhu tubuh.

    Menurut Mulyadi, para pemilik penginapan maupun pemolik Kolam Renang Madura harus menyiapkan hand sanitizer di pintu utama. Setiap tamu penginapan atau pengunjung wisata Kolam Renang Pulo Madura juga harus di periksa dengan mengukur suhu tubuh.

    "Hal ini juga berlaku bagi pengelola terminal terpadu berikut pengelola loket mobil yang ada dilokasi terminal," ujar Mulyadi, kepada Singkilterkini.net, Rabu (15/7/2020).

    Pengecekan suhu tubuh pengunjung penginapan keluarga

    Dalam kesempatan yang sama, Camat Gunung Meriah Johan Pahmi Sanip menyebutkan langkah antisipasi penyebaran virus corona yang dilakukan Forkopincam Gunung Meriah ternyata mendapat apresiasi dari para pengunjung penginapan, penumpang di terminal maupun dari pengunjung wisata Kolam Renang Pulo Madura.

    "Antisipasi di penginapan, terminal dan tempat wisata di kecamatan Gunung Meriah sudah dilakukan, seperti hand sanitizer yang sudah disiapkan di depan pintu utama. Mereka juga ikut menyiapkan alat pengukur suhu tubuh dan memeriksa pengunjung sebelum masuk penginapan maupun tempat wisata ," ujarnya.

    Menurut Camat, apabila ada tamu penginapan, penumpang maupun pengunjung kolam renang terdapat suhu badannya diatas 38 celcius. Maka di bawa ke Puskesmas untuk ditindak lanjut.

    Sementara itu, Danramil 03/Gunung Meriah, Kapten Inf Dahlius menjelaskan kegiatan tersebut juga bertujuan untuk membangkitkan kesadaran para tamu di penginapan, tempat rekreasi dan penumpang untuk disiplin menggunakan masker dan mengikuti protokol kesehatan Covid-19.

    "Kegiatan ini juga sebagai ajang untuk menyampaikan pesan- pesan Kamtibmas kepada masyarakat," sebutnya. (Jamaluddin)
    Komentar

    Tampilkan

    Terkini

    Headline

    +