-->

Sambut Bulan Puasa, PPWI Akan Adakan Diklat Jurnalistik Ramadhan 1441

REDAKSI
JAKARTA – Dewan Pengurus Nasional Persatuan Pewarta Warga Indonesia (DPN-PPWI) kembali membuka pendaftaran peserta untuk mengikuti Diklat Jurnalistik Ramadhan 1441 H. Kegiatan diklat ini dimaksudkan untuk menemani warga mengisi waktu saat menjalankan ibadah puasa di Bualn Ramadhan yang sudah di ambang pintu ini.

Hal tersebut diungkapkan Koordinator Diklat Jurnalistik PPWI, Agung Jepriyansyah, kepada media ini, Rabu, 22 April 2020. "Setelah sukses menyelenggarakan Diklat Jurnalistik Corona angkatan 1 dan 2, PPWI akan meneruskan kegiatan yang sama dikaitkan dengan momentum bulan puasa Ramadhan ini. Kegiatan ini juga kurang-lebih sama situasinya, yakni dalam rangka mengisi masa-masa stay at home akibat pandemi Covid-19," ujar Agung yang juga menjabat sebagai Sekretaris DPC PPWI Ogan Komering Ilir (OKI).

Sementara itu, Ketua Umum Wilson Lalengke, mengatakan bahwa mengisi waktu luang di masa-masa Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) dengan kegiatan positif dan bertujuan meningkatkan kualitas diri pasti lebih baik dan bermanfaat. Kegiatan ini juga adalah untuk menggalang dana yang akan disalurkan kepada warga yang membutuhkan, terutama di bulan suci Ramadhan yang penuh berkah.

"Daripada waktu habis terbuang percuma selama dipaksa tinggal di rumah, akibat bencana Covid-19 lebih baik kita belajar sambil beramal. Belajar jurnalistik sambil membantu warga yang terdampak kebijakan stay at home," ujar Wilson.

Kegiatan Diklat dengan durasi tiga hari itu didesain untuk menghasilkan wartawan dan pewarta warga yang cerdas, handal, dan mumpuni di bidang jurnalistik. Peserta diklat akan diberikan materi terkait Dasar-dasar Bahasa Indonesia, Cara Praktis Membuat Berita/Artikel, Editing atau Penyuntingan Artikel, dan Cara Praktis Mengunggah Berita di Media Online.

Proses belajar-mengajar pada Diklat Jurnalistik Ramadhan akan dimulai pada hari Jum'at, 24/4/2020, sampai dengan tanggal 26 April 2020. Semua donasi yang terkumpul, akan kembali di salurkan kepada warga yang terdampak Covid-19.

Terkait teknis program, jadwal, dan syarat pendaftaran, prosedurnya sama dengan yang terdahulu, seperti yang pernah diadakan Diklat Jurnalistik Corona di angkatan pertama dan kedua. Detilnya sebagai berikut:

Waktu Pelaksanaan Diklat:
Tanggal 24 – 26 April 2020, pada pukul 09.30 – 12.00 WIB setiap harinya.

Waktu Pendaftaran:
Sejak informasi ini disebarluaskan sampai dengan kegiatan diklat akan dimulai atau saat kuota 30 orang peserta terpenuhi.

Materi Diklat:
- Dasar-dasar Bahasa Indonesia
- Cara praktis membuat berita (hard/straight news)
- Editing (penyuntingan) artikel/berita
- Cara praktis mengunggah berita di media online (www.pewarta-indonesia.com)

Peserta:
- Wartawan/jurnalis
- Pelajar/Pembelajar
- Masyarakat umum
- Maksimal 30 orang per kelas

Tempat diklat:
Belajar dari rumah masing-masing melalui jaringan online (WhatsApp Classroom, Zoom Avis-Classroom)

Jadwal materi diklat:
- Hari pertama: Dasar-dasar Bahasa Indonesia, Cara praktis membuat berita
- Hari kedua: Editing/penyuntingan berita/artikel
- Hari ketiga: Cara praktis mengunggah berita di media online

Biaya (donasi):
Setiap peserta diharapkan untuk memberikan donasi sebesar Rp. 100.000,- (seratus ribu rupiah saja). Seluruh dana yang terkumpul akan dikelola oleh team PPWI untuk disalurkan kepada warga masyarakat yang kesulitan bahan pangan selama menjalani masa bencana Covid-19.

Metode kegiatan diklat:
1. Transfer donasi Diklat Jurnalistik Corona sebesar Rp. 100.000,- ke rekening Bank BNI Cabang Senayan, Nomor Rekening: 0243142926, Atas Nama: Persatuan Pewarta Warga Indonesia.
2. Kirimkan nomor WA Anda bersama bukti transfer donasi ke Sdr. Agung Jepriansyah (+62-857-8992-5565) untuk kemudian dimasukkan ke dalam kelas WA Diklat Jurnalistik Ramadhan, informasikan kelas yang diinginkan (pagi atau siang).
3. Setiap peserta hadir online sesuai jadwal yang dipilihnya saat mendaftar untuk mengikuti pembelajaran online.
4. Materi tertulis dan rekaman suara akan disampaikan melalui jaringan WhatsApp Classroom-nya untuk dipelajari, dimengerti, dan dipahami.
5. Selanjutnya peserta dapat mengajukan pertanyaan, baik tertulis maupun rekaman suara untuk diberikan penjelasan maupun didiskusikan bersama rekan sekelasnya.
6. Penugasan, praktek menulis sesuai materi yang baru saja diberikan dan didiskusikan, dan dikumpulkan saat itu juga.
7. Pemberian tugas PR, praktek menulis untuk dikerjakan seusai jam belajar online.

Narasumber/Trainer:
- Wilson Lalengke (Ketua Umum PPWI, Pimred KOPI)
- Mung Pujanarko (Dosen Ilmu Komunikasi Universitas Jayabaya, Pimred Penanegeri.Com)
- Simon Syaefudin (Wartawan Senior, mantan redaktur Republika)

Fasilitas:
- Sertifikat Diklat dari PPWI Nasional (E-Sertifikat).
- Akses menjadi penulis di Koran Online Pewarta Indonesia dan Jaringan PPWI Media Group.
- Menjadi anggota Komunitas PPWI Nasional dan di daerah masing-masing.
- Kesempatan beramal bagi sesama warga bangsa Indonesia di masa sulit bencana Covid-19.

Silahkan manfaatkan peluang belajar jurnalistik, sambil mengisi waktu luang yang ada. Informasi lebih lanjut dapat menghubungi Agung di nomor WA: 0857-8992-5565. (APL/Red)
Komentar Anda

Terimakasih Atas Kunjungannya, Silahkan berkomentar dengan bijak, Komentar Spam dan/atau berisi link aktif tidak akan ditampilkan. Terimakasih.

Berita Terkini