-->
  • Jelajahi

    Copyright © Singkil Terkini
    Penerbit PT Media Singkil Terkini

    Iklan

    Danramil Simpang Kanan Ajak Komponen Masyarakat Cegah Karhutla

    REDAKSI
    Wednesday, February 05, 2020, Wednesday, February 05, 2020 WIB Last Updated 2020-02-05T10:15:35Z
    SINGKILTERKINI.NET, ACEH SINGKIL- Dandim 0109/Aceh Singkil Letkol Inf Syaifuddin, S.Ag melalui Danramil 04 Simpang Kanan, Kapten Inf Asfimal mengajak seluruh komponen masyarakat untuk bersama-sama menjaga lingkungan dari bahaya kebakaran hutan dan lahan.

    Hal itu disampaikan Danramil pada acara Sosialisasi/Kampanye Mencegah Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) di Aula Kantor Kecamatan Simpang Kanan, Aceh Singkil, Rabu (5/2/2020).

    Dalam arahannya itu, Danramil juga meminta kepada penegakan hukum agar bisa menjadi instrumen untuk mengubah dan mengoreksi perilaku manusia yang melakukan pembakaran hutan dan lahan, termasuk di kawasan lahan gambut.

    "Kami melihat kejahatan karhutla sangat serius. Kalau kita lihat pembalakan liar berdampak pada aspek kerugian ekonomi, sedangkan karhutla berdampak luas pada kesehatan, perusakan ekosistem dan ekonomi seperti transportasi yang terganggu, lalu wilayah yang terdampak juga luas kalau kita bicara kabut asap lintas wilayah," papar Danramil.

    Untuk itu, Ia mengajak kepasa seluruh komponen masyarakat untuk bersama-sama menjaga hutan di wilayah Kecamatan Simpang Kanan, agar tetap lestari dan tidak habis untuk lahan perkebunan semata. Menurutnya, hutan adalah sebagai paru - paru bumi dan juga sebagai penangkal dari tanah longsor dan banjir.

    Hal senada juga diungkapkan Camat Simpang Kanan, Sopian dan Kapolsek Simpang Kanan AKP Asral saat memberikan arahan kepada para peserta sosialisasi untuk tidak membakar lahan dan hutan sembarangan dan menghimbau kepada masyarakat agar mengerti dan sadar akan bahaya karhutla.

    Tidak hanya itu, apabila ada masyarakat atau pihak yang terkait ada yang membakar lahannya maka akan diberikan sanksi sesuai aturan yang berlaku di Negara Kesatuan Republik Indonesia. 

    Dalam kegiatan itu, Selain dihadiri Muspika Simpang Kanan, juga dihadiri Kepala KUA Simpang kanan dan Kepala Desa Kecamatan Simpang Kanan dan puluhan peserta. (Fadhil).
    Komentar

    Tampilkan

    No comments:

    Post a Comment

    Terimakasih Atas Kunjungannya, Silahkan berkomentar dengan bijak, Komentar Spam dan/atau berisi link aktif tidak akan ditampilkan. Terimakasih.

    Terkini

    Headline

    +