-->

Delegasi Maroko Kunjungi Jerman untuk Mempertajam Kerja Sama Keamanan

REDAKSI

Rabat - Direktur Jenderal Keamanan Nasional dan Pengawasan Teritorial, Abdellatif Hammouchi, melakukan kunjungan kerja ke Republik Federal Jerman pada tanggal 24-26 Juni. Kunjungan tersebut dilakukan dalam rangka memperkuat kerja sama keamanan bilateral antara Maroko dan Jerman.

Dalam kunjungan tersebut, Hammouchi mengadakan percakapan dengan pejabat dari Kepolisian Federal Jerman (Bundespolizei) dan Kantor Polisi Kriminal Federal. Mereka membahas cara-cara memperkuat kerja sama bilateral terutama dalam memerangi terorisme dan kejahatan lintas batas terorganisir, serta keamanan acara olahraga besar.

Kunjungan tersebut diselenggarakan atas undangan resmi pihak Jerman. Hammouchi dan rekan-rekannya meninjau kondisi kerjasama kepolisian mereka, serta tantangan keamanan regional dan internasional. Diskusi terfokus khususnya pada cara-cara memperkuat kerja sama bilateral.

Selain membahas keamanan, kunjungan ini juga merupakan kesempatan untuk mengkaji peluang kerja sama antara Maroko dan Jerman di bidang keamanan olahraga. Saling mencari mekanisme pertukaran keahlian dan bantuan teknis antara kedua pihak dalam mengamankan acara-acara besar menjadi salah satu yang dibahas.

Kunjungan resmi ini juga membahas tentang mekanisme kerja fasilitas di German Joint Counter-Terrorism Center di Berlin dalam hal koordinasi antara berbagai aparat keamanan Jerman, dan prospek kerjasama dengan dinas keamanan Maroko dalam memerangi ancaman teroris pada dimensi lintas batas.

Pada kesempatan ini, kepada Hammouchi dipaparkan segala hal tentang pengaturan keamanan dan standar keselamatan serta perlindungan yang diterapkan oleh kepolisian Berlin dalam mengamankan Piala UEFA yang diselenggarakan oleh Republik Federal Jerman.

Terlebih lagi, delegasi keamanan tingkat tinggi Maroko melakukan kunjungan lapangan bersama Kepala Polisi Kriminal Federal ke fasilitas dan peralatan di Stadion Olimpiade Berlin, yang menjadi tuan rumah pertandingan Euro 2024. Delegasi juga meninjau pusat manajemen operasi polisi yang mengawasi protokol keselamatan dan keamanan selama acara sepak bola.

Direktorat Jenderal Keamanan Nasional dan Pengawasan Teritorial menyatakan kunjungan ini merupakan bagian dari persiapan Dinas Keamanan Maroko untuk menjadi tuan rumah acara olahraga dan keamanan global dan kontinental. Rangkaian acara tersebut di antaranya Sidang Umum Interpol ke-93, Piala Afrika 2025 dan terakhir Piala Dunia 2030, yang akan diselenggarakan bersama Spanyol dan Portugal.

Kunjungan tersebut mencerminkan komitmen kuat Direktorat Jenderal Keamanan Nasional dan Pengawasan Teritorial terhadap upaya internasional untuk menetralisir risiko dan ancaman terhadap keamanan regional dan internasional kedua negara. Selain itu, kunjungan ini juga membuktikan pentingnya kerja sama keamanan bilateral antara Kerajaan Maroko dan Republik Federal Jerman.

Dalam kunjungan tersebut, Hammouchi dan rekan-rekannya dari Jerman mengevaluasi kondisi kerjasama kepolisian mereka serta tantangan keamanan regional dan internasional. Selain itu, mereka membahas cara-cara memperkuat kerja sama bilateral terutama dalam memerangi terorisme dan kejahatan lintas batas terorganisir, serta keamanan acara olahraga besar. (PERSISMA/RED)
Komentar Anda

Terimakasih Atas Kunjungannya, Silahkan berkomentar dengan bijak, Komentar Spam dan/atau berisi link aktif tidak akan ditampilkan. Terimakasih.

Berita Terkini