-->

Presiden Diminta Tetapkan Banjir Aceh Singkil jadi Bencana Nasional

REDAKSI

SINGKILTERKINI.NET,ACEH SINGKIL - Presiden Republik Indonesia Joko Widodo diminta untuk menetapkan status banjir di wilayah Kabupaten Aceh Singkil provinsi Aceh sebagai bencana Nasional.

"Kami minta kepada pemerintah pusat dalam hal ini Bapak Presiden Joko Widodo agar banjir Aceh Singkil ditetapkan sebagai bencana Nasional," kata Azwar Ramnur, salah seorang Pimpinan Pondok Pesantren di Aceh Singkil, Senin (18/12/2023). 

Pernyataan itu disampaikan Azwar dalam menyikapi bencana banjir yang melanda wilayah Kabupaten Aceh Singkil.

Sebelumnya, banjir yang dipicu curah hujan tinggi di wilayah Kabupaten Aceh Singkil serta Kabupaten dan Kota di Aceh termasuk di sejumlah Kabupaten di wilayah Sumatera Utara menyebabkan permukiman penduduk di sejumlah  Kecamatan di Kabupaten Aceh Singkil terendam dengan ketinggian debit air bervariasi.

Adapun kecamatan di Kabupaten Aceh Singkil terdampak banjir diantaranya Kecamatan Singkil, Singkil Utara, Gunung Meriah, Simpang Kanan, Suro Makmur, dan Kecamatan Kuta Baharu.

"Untuk kecamatan terparah (terlama) terdampak banjir adalah Kecamatan Singkil yang juga merupakan Kecamatan Ibu Kota Kabupaten Aceh Singkil," ujar Azwar.

Disampaikan Azwar bahwa kondisi di wilayah Kabupaten Aceh Singkil tersebut sangat berat, sehingga perlu penanganan serius dari Pemerintah Pusat. 

"Kondisi banjir di Aceh Singkil terutama di wilayah Kecamatan Singkil sangat berat, bahkan jangankan permukiman penduduk, banjir juga memasuki perkantoran termasuk kantor Bupati Aceh Singkil," ujarnya.

Ia menuturkan, sejauh ini bantuan dari pemerintah Aceh Singkil, termasuk dari masyarakat dan swasta yang peduli akan masyarakat terdampat banjir yang diberikan hanya sifatnya emergency atau kebutuhan darurat.

Sehingga, hal itu dinilai tidak cukup dan sangat dibutuhkan penanganan yang lebih maksimal yang statusnya permanen sehingga masyarakat di Kabupaten Aceh Singkil yang selama ini dilanda banjir bisa hidup dengan aman dan nyaman.

"Untuk itu, sangat diperlukan kehadiran pemerintah pusat dalam mempercepat upaya penanganan banjir di wilayah Kabupaten Aceh Singkil," ungkap Azwar. 

Apalagi, kata Azwar, kabupaten Aceh Singkil merupakan daerah penampung air dari kabupaten dan Kota di Aceh dan maupun dari beberapa Kabupaten di wilayah Sumut yang muara sungainya menuju Aceh singkil.

Azwar juga mengajak kepada seluruh masyarakat untuk bersama-sama menyuarakan kepada Pemerintah Pusat agar banjir yang melanda wilayah Aceh Singkil bisa ditetapkan sebagai bencana nasional. (JML)

Komentar Anda

Terimakasih Atas Kunjungannya, Silahkan berkomentar dengan bijak, Komentar Spam dan/atau berisi link aktif tidak akan ditampilkan. Terimakasih.

Berita Terkini