-->

25 Desa di Aceh Singkil Terendam Banjir

REDAKSI

SINGKILTERKINI.NET,ACEH SINGKIL – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Aceh Singkil mencatat sebanyak 25 desa di empat kecamatan terendam banjir, Minggu 26 November 2023.

Pusdalops BPBD Aceh Singkil Rosiana Kusuma Wardani menjelaskan ke 4 Kecamatan tersebut, yakni Kecamatan Gunung Meriah (3 desa), Kecamatan Singkil (16 desa), Kecamatan Kuta Baharu (1 desa) dan Kecamatan Simpang Kanan (5 desa).

"Banjir ini terjadi akibat sungai di wilayah Aceh Singkil," ujar Rosiana.

Dampak dari banjir tersebut, menyebabkan jalan Nasional di Desa Silatong Kecamatan Simpang Kanan dan Jalan Provinsi di Desa Ujung Bawang Kecamatan Singkil terendam.

Dampak banjir ini juga merendam ribuan permukiman rumah penduduk, fasilitas umum, sejumlah Lembaga pendidikan SD/MIN, TPA, SMP/MTsN, Pesantren, SMA/SMK/MAN dan fasilitas ibadah lainnya seperti Masjid, Surau atau Langgar.

Disamping itu, dampak banjir juga mengakibatkan infrastruktur jembatan penghubung antar Desa di Desa Pulo Sarok, termasuk putusnya jembatan penghubung Kecamatan Singkohor menuju Kecamatan Gunung Meriah di Desa Bukit Harapan, serta tergerusnya jalan di Desa Sumber Mukti Kecamatan Kuta Baharu.

"Total terdampak banjir di 25 Desa 4 Kecamatan di Aceh Singkil sebanyak 4.628 Kepala Keluarga (KK) atau 18.633 jiwa," jelasnya.

Untuk pengungsi banjir, sambungnya, hanya terjadi di wilayah Kecamatan Singkil yakni sebanyak 13 KK atau 64 Jiwa.

"Saat ini BPBD terus melakukan koordinasi dengan Pj Bupati Aceh Singkil, Kapolre, Dandim dan Forkopimda lainnya untuk terus berupaya menangani solusi banjir," ungkapnya.

Disamping itu, BPBD, juga telah menurunkan Alat berat Excavator Long Arm ke lokasi jembatan rusak dan meneurunkan Tim TRC ke lokasi banjir. (Jamal)

Komentar Anda

Terimakasih Atas Kunjungannya, Silahkan berkomentar dengan bijak, Komentar Spam dan/atau berisi link aktif tidak akan ditampilkan. Terimakasih.

Berita Terkini