Dandim Aceh Singkil Jadi Irup Upacara Peringatan HUT Ke-78 TNI -->s

Dandim Aceh Singkil Jadi Irup Upacara Peringatan HUT Ke-78 TNI

Thursday, October 05, 2023, Thursday, October 05, 2023

SINGKILTERKINI.NET,ACEH SINGKIL - Kodim 0109 Aceh Singkil menggelar upacara dan perayaan peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-78 TNI di halaman Kantor Kodim 0109 Aceh Singkil, Kamis 5 Oktober 2023.

Komandan Kodim 0109 Aceh Singkil Letkol Inf Moh Mulyono,S.I.P bertindak sebagai Inspektur upacara. 

Upacara turut dihadiri PJ Bupati Aceh Singkil Drs. Azmi, M.A.P., Kapolres Aceh Singkil AKBP Suprihatiyanto, S.I.K., Ketua DPRK Aceh Singkil H. Safriadi Aritonang, Kepala Kejaksaan Negeri Aceh Singkil Munandar, SH.,MH., Ketua Pengadilan Negeri Aceh Singkil Ramadhan Hasan, SH.MH., Ketua MAA Aceh Singkil Zakirun Pohan, Ketua Mahkamah Syariah Aceh Singkil Anas Rudiansyah, S.H.I., M.H.i., Ketua MPU Aceh Singkil Ustadz H. Roesman Hasmy, Pj Sekda Aceh Singkil Achmad Rifa'i serta para tamu serta undangan.

Acara tersebut dilaksanakan dengan khidmat dan penuh semangat. Bahkansejumlah kegiatan telah disiapkan untuk merayakan momen bersejarah ini, termasuk upacara kenaikan pangkat periode 1-10-2023, pemberian plakat pada prajurit yang purna tugas dan acara syukuran serta pembuatan SIM gratis serta pembayaran gratis pajak 1 tahun khusus bagi keluarga besar TNI yang merupakan salah satu surprise dari Kapolres Aceh Singkil yang di laksanakan di aula Teuku Umar Makodim 0109/Aceh Singkil. 

Dalam amanat Panglima TNI pada upacara HUT ke-78 TNI yang di bacakan oleh Letkol Inf Moh Mulyono, S.I.P. selaku inspektur upacara menyampaikan, TNI telah hadir dan menjalankan amanah sebagai garda terdepan sekaligus benteng terakhir Negara Kesatuan Republik Indonesia selama 78 tahun, berbagai ancaman, gangguan, hambatan,dan tantangan terhadap kedaulatan Negara, keutuhan wilayah, dan keselamatan segenap Bangsa dan tumpah darah telah berhasil diatasi dengan baik. 

Peringatan hari ulang tahun ke-78 TNI pada tahun 2023 ini, mengusung tema "TNI Patriot NKRI pengawal demokrasi untuk Indonesia maju", yang mengandung makna, bahwa kekuatan TNI sebagai komponen utama pertahanan Negara, berkomitmen untuk bersinergi dengan seluruh komponen bangsa lainnya dalam mengawal demokrasi untuk mewujudkan Indonesia yang berdaulat, mandiri, maju dan sejahtera, tema ini kita angkat karena salah satu tantangan besar yang dihadapi oleh Bangsa Indonesia dalam waktu dekat adalah pemilihan umum serentak tahun 2024. DIRGAHAYU TENTARA NASIONAL INDONESIA, "TNI Patriot NKRI, Pengawal Demokrasi Untuk Indonesia Maju".

Dalam pelaksanaan HUT TNI kali ini, tampak Kehadiran unsur forkopimda dan tokoh-tokoh penting masyarakat, para purnawirawan serta para pimpinan HGU perkebunan turut serta dalam perayaan ini sebagai bentuk penghormatan dan dukungan terhadap TNI. Mereka berbicara tentang pentingnya sinergitas dan kerjasama yang erat antara TNI dan pemerintah daerah dalam menjaga stabilitas dan keamanan wilayah.

Sementara itu dalam sambutan Komandan Kodim 0109/Aceh Singkil menyampaikan terima kasih kepada para unsur Forkopimda dan tamu undangan atas partisipasinya dalam perayaan tersebut. Ia juga mengingatkan seluruh prajurit TNI tentang tanggung jawab besar yang harus diemban dalam menjaga kedaulatan negara.

"Acara perayaan ini menjadi momentum untuk mengenang perjalanan panjang TNI dalam melindungi Indonesia. Dalam 78 tahun perjalanannya, TNI telah berkontribusi secara besar dalam menjaga keamanan dan membantu dalam berbagai misi kemanusiaan," ujar Dandim. 

Rangkaian perayaan HUT ke-78 TNI  juga diisi dengan kegiatan sosial seperti donor darah, pengobatan umum bagi masyarakat, bedah rumah bagi masyarakat kurang mampu, pelaksanaan doa bersama, serta upacara dan ziarah di makam pahlawan. Semua ini adalah cerminan dari semangat sosial TNI yang selalu hadir untuk rakyat. (Rel)

TerPopuler