Wujudkan Balita Sehat, Babinsa Dampingi Petugas Posyandu Desa Mukti Jaya -->s

Wujudkan Balita Sehat, Babinsa Dampingi Petugas Posyandu Desa Mukti Jaya

Saturday, July 01, 2023, Saturday, July 01, 2023

SINGKILTERKINI.NET,ACEH SINGKIL - Dalam mewujudkan balita sehat generasi masa depan bangsa, Babinsa Koramil 0109-06/Singkohor Sertu Hardi Sulistyo mendampingi pelaksanaan Posyandu di Desa Mukti Jaya, Kecamatan Singkohor, Kabupaten Aceh Singkil, Sabtu (01/07/2023).

Posyandu merupakan sarana yang sangat penting bagi masyarakat khususnya bagi ibu hamil dan anak balita untuk memantau kesehatan serta usia perkembangannya. Kegiatan Posyandu ini merupakan program rutin yang kerap dilaksanakan oleh petugas kesehatan dari puskesmas serta Bidan Desa dan dibantu oleh kader dari desa yang ditugaskan membantu untuk mengontrol kesehatan Balita dan Ibu hamil yang berdomisili di Desa.

Saat ini di Indonesia masih banyak anak-anak yang belum mendapatkan imunisasi secara lengkap bahkan tidak pernah mendapatkan imunisasi sedari lahir, hal itu yang menyebabkan mudahnya tertular penyakit berbahaya karena tidak adanya kekebalan terhadap penyakit tersebut.

Pada pelaksanaannya juga di lakukan sosialisasi pada ibu hamil dan orang tua yang memiliki anak Batita dan Balita tentang pemberian imunisasi disesuaikan dengan usia anak, untuk imunisasi dasar lengkap bayi berusia kurang dari 24 jam diberikan imunisasi Hepatitis B (HB-0) dan di lanjutkan imunisasi lainnya seiring bertambahnya usia. Bayi harus menerima imunisasi lengkap selama 2 tahun pertama kehidupan mereka, perkembangan bayi memang memerlukan beberapa dosis vaksin agar terlindungi sepenuhnya dari masalah stunting.

Dalam pelaksanaannya peran keikutsertaan Babinsa di tengah-tengah para petugas kesehatan sangat membantu untuk mensukseskan pelaksanaan kegiatan Posyandu Balita ini, Babinsa juga menekankan kepada para orang tua yang memiliki Balita untuk tetap rutin mengecek dan memeriksa anak-anak usia di bawah lima tahun demi untuk mengetahui tumbuh kembangnya balitanya.

"Dengan rutin mengikuti program Posyandu dalam melakukan penimbangan berat badan Balita, Imunisasi, pemberian Vitamin, serta asupan makanan yang memenuhi gizi, serta mengontrol kesehatan ibu hamil, maka pada akhirnya akan dapat untuk mewujudkan Balita yang sehat dan sejahtera,” ungkap Babinsa.

Sumber: Kodim 0109/Aceh Singkil

TerPopuler