TMMD ke 117 Resmi Dibuka, Prajurit TNI Siap Bangun Desa Takal Pasir Kabupaten Aceh Singkil -->s

TMMD ke 117 Resmi Dibuka, Prajurit TNI Siap Bangun Desa Takal Pasir Kabupaten Aceh Singkil

Wednesday, July 12, 2023, Wednesday, July 12, 2023

SINGKILTERKINI.NET,ACEH SINGKIL - Program Tentara Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke 117 tahun 2023 yang berlangsung di desa Takal Pasir Kecamatan Singkil, Kabupaten Aceh Singkil resmi dibuka.

Pembukaan TMMD yang berlangsung di Lapangan Bola Desa Takal Pasir, Kecamatan Singkil, Kabupaten Aceh Singkil, Rabu (12/07/2023) ditandai dengan penandatanganan serta penyerahan berita acara serah terima program TMMD dari Pj Bupati Aceh Singkil Martunis kepada Komandan Kodim 0109/Aceh Singkil Letkol Czi Rizal Desriansyah sekaligus penyerahan secara simbolis Alat dan perlengkapan TMMD kepada perwakilan anggota satgasTMMD.

"Kegiatan TMMD ini sebagai langkah nyata keterlibatan TNI dalam membangun Desa, Terima kasih kepada TNI dan semua pihak yang terlibat dalam pelaksanaan TMMD Reguler ke-117 tahun 2023 yang dipusatkan di Kecamatan Singkil," ujar Pj Bupati Aceh Singkil Martunis saat membuka TMMD ke 117 Kodim 0109/Aceh Singkil tahun 2023.

Martunis menjelaskan, bahwa TMMD merupakan program lintas sektoral yang melibatkan TNI, pemerintah daerah dan segenap lapisan masyarakat sebagai salah satu langkah nyata guna mengatasi berbagai permasalahan yang dihadapi. "TMMD kali ini mengusung tema Sinergi lintas sektoral mewujudkan Kemanunggalan TNI rakyat semakin kuat," ungkapnya.

TMMD, kata Martunis, merupakan dukungan nyata TNI bagi Pemerintah meningkatkan akselerasi melestarikan kehidupan masyarakat, TMMD juga merupakan implementasi komitmen TNI dan Pemerintah Daerah dalam gotong royong. Dalam Pembangunan TMMD juga menjadi karya bhakti nyata kepada masyarakat dalam menggerakkan pembangunan dan menghidupkan kembali semua sektor kehidupan yang terganggu bahkan terhenti pada masa pandemi.

"Melalui momentum TMMD kita harapkan sinergitas yang semakin baik antara jajaran TNI dengan Pemerintah daerah dan seluruh komponen masyarakat dalam membangun NKRI," sebutnya.

Dalam kesempatan itu, Martunis juga meminta kepada kepala desa dan masyarakat untuk dapat berpartisipasi dalam TMMD baik fisik maupun non fisik. Sebab, dengan TMMD dapat membangkitkan dan terpeliharanya gotong royong sebagai warisan budaya. 

"Anggota satgas TMMD dapat menjalin silaturahmi dengan masyarakat. Dengan adanya TMMD dapat menjalin kemanunggalan dengan masyarakat agar saling peduli dengan kegiatan TMMD," pesannya.

Kegiatan TMMD Reg ke-117 tahun 2023 ini melibatkan personel gabungan diantaranya personel TNI AD, Pos TNI AL, Polres Aceh Singkil dan personel Pemerintah Daerah, pelaksanaan TMMD yang di rencanakan akan berlangsung selama 30 hari kerja yang dari mulai tanggal 12 Juli sampai dengan tanggal 10 Agustus 2023 mendatang dengan membuka badan Jalan sepanjang 1.422 meter dan nantinya akan menghubungkan 2(dua) Desa yang ada di Kecamatan Singkil, yaitu Desa Takal Pasir menuju ke Desa Teluk Rumbia Kecamatan Singkil.

Sasaran utama pelaksanaan program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-117 tahun 2023 ini adalah meliputi kegiatan yang terkait dengan sasaran fisik diantaranya Pembentukan Badan Jalan, Pengerasan Badan Jalan, Pembuatan Jembatan Plat Dekker 2 unit, Pembuatan Talud Pengaman Jembatan serta Normalisasi Parit. Sementara sasaran non fisik berupa kerjasama dengan Pemerintah Daerah serta instansi terkait lainnya dalam melaksanakan Penyuluhan Wasbang, Penyuluhan Posbindu PTM dan Cegah Stunting, Penyuluhan Pertanian, Penyuluhan Narkoba, Penyuluhan PMK serta kegiatan tambahan berupa Pengobatan Massal dan Pembuatan Tugu TMMD.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut Kapolres Aceh Singkil yang diwakili oleh Kabag Sumda AKP Samsuar, Ketua DPRK Aceh Singkil Hasanuddin Aritonang, Para Kepala SKPK Aceh Singkil, Personil TNI, Polri, Ibu-ibu Persit Kodim 0109/Aceh Singkil dan Tamu undangan lainnya. (JML/RED)

TerPopuler