-->

Dandim 0613/Ciamis: Perjusami Saka Wira Kartika Bertujuan Untuk Membentuk dan Membina Generasi Muda sebagai Calon Pemimpin

REDAKSI

SINGKILTERKINI.NET,CIAMIS - Komandan Kodim 0613/Ciamis Letkol Inf Wahyu Alfiyan Arisandi, S.I.P M.I Pol., membuka secara resmi kegiatan Perkemahan Jumat Sabtu Minggu (Perjusami) Saka Wira Kartika di Lapangan Zipur 3, Jln Lingga Manik Desa Panyingkiran Kecamatan Ciamis Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, Sabtu (10/6/2023).

Kegiatan Perjusami Saka Wira Kartika Kodim 0613/Ciamis dilaksanakan selama 2 hari dari tanggal 10- 11 Juni 2023 (Sabtu dan Minggu) dengan diikuti peserta sebanyak 260 orang yang terdiri dari penyelengara 12 orang, pendukung 26 orang, pembina 15 orang dengan pelaku berasal dari perwakilan Saka Wira Kartika Binaan Koramil Jajaran Kodim 0613/Ciamis Meliputi Wilayah Kabupate Ciamis dan Kota Banjar.

Dandim 0613 Letkol Inf Wahyu Alfiyan Arisandi, S.I.P, M.I, Pil.,dalam amanatnya menyampaikan, kegiatan Perjusami Saka Wira Kartika ini bertujuan untuk membentuk dan membina generasi muda sebagai calon pemimpin -pemimpin bangsa dimasa depan agar memiliki kepribadian yang kuat, disiplin, pantang menyerahnya, inovatif, serta mendorong keberhasilan cita-cita bangsa. Kepada peserta juga diminta untuk mengikuti kegiatan dengan sebaik-baiknya.

Dandim juga mengingatkan agar generasi muda menjadi manusia manusia yang bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, memiliki kepribadian yang tangguh, terampil dan berpengetahuan, sehat dan kuat jasmani serta memiliki kesetiakawanan yang tinggi.

“Melalui kegiatan perkemahan ini, marilah kita gelorakan kembali semangat perjuangan para pendahulu kita, perjuangan di masa sekarang bukan lagi perjuangan fisik seperti di masa lalu, tetapi perjuangan untuk membangun Bangsa dan Negara Kesatuan Republik Indonesia. Kita harus sadar bahwa kemerdekaan yang kita peroleh ini, diperjuangkan dengan tetesan darah dan air mata. Sebagai generasi penerus, segenap anggota Pramuka bersama-sama seluruh komponen Bangsa di tanah air, berkewajiban untuk mengisi kemerdekaan dengan kegiatan kegiatan yang konstruktif dan bermanfaat," ucapnya

Disampaikan Dandim, matari yang diberikan kepada peserta yang mengikuti kegiatan Perjusami ini meliputi, pembinaan syarat kecakapan khusus Saka Wira Kartika yang meliputi: Krida Navigasi Darat, Krida Pioneering, Krida Monitoring, Krida Survival dan Krida Penanggulangan Bencana, pembinaan kesadaran bela negara dan outbound untuk meningkatkan kedisiplinan, kepemimpinan dan tanggung jawab.

"Dalam kegiatan ini juga ikut diberikan materi tentang wawasan kebangsaan yang meliputi Empat Konsesus Dasar Bangsa, Sejarah Nasional, Paham Radikalisme, Bahaya Laten Komunis dan Proxy War akan ada dalam kegiatan Persami ini," taambahnya.

Sumber: Kodim 0163 Ciamis

Komentar Anda

Terimakasih Atas Kunjungannya, Silahkan berkomentar dengan bijak, Komentar Spam dan/atau berisi link aktif tidak akan ditampilkan. Terimakasih.

Berita Terkini