Bahas Karhutla, Serda Aris Rizal Komsos Dengan Warga Situbuh-Tubuh -->s

Bahas Karhutla, Serda Aris Rizal Komsos Dengan Warga Situbuh-Tubuh

Wednesday, June 14, 2023, Wednesday, June 14, 2023

SINGKILTERKINI.NET, ACEHSINGKIL - Dalam rangka meminimalisir terjadinya kebakaran hutan dan lahan, Bintara Pembina Desa (Babinsa) aktif melaksanakan Komunikasi Sosial (Komsos) tentang sosialisasi Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) kepada masyarakat.

Salah satunya, seperti yang dilaksanakan oleh Babinsa Koramil 0109-07/Danau Paris Serda Aris Rizal kepada warga di Desa Situbuh-tubuh, Kecamatan Danau Paris, Kabupaten Aceh Singkil, Aceh, Rabu (14/7/2023).

Aris sapaan akrabnya dalam kesempatan itu mengatakan, Sosialisasi ini sangat penting sebagai salah satu upaya dalam rangka mencegah terjadinya Karhutla di wilayah Kecamatan Danau Paris pada umumnya.

"Kegiatan Komsos ini bentuk antisipasi terjadinya pembakaran lahan yang saat ini sering dilakukan oleh oknum masyarakat ketika membuka kebun dan pertanian yang mana oleh segelintir oknum masyarakat dianggap lebih mudah/cepat dan hasilnya lebih maksimal dalam bercocok tanam," Ujarnya.

"Hal tersebut tentunya dipengaruhi oleh minimnya pengeluaran modal bagi para petani, oleh sebab itu kami selaku Babinsa akan terus melakukan komunikasi Sosial dengan masyarakat yang ikut dirangkaikan dengan sosialisasi tentang larangan membakar hutan dan lahan kepada warga Binaannya, " jelas, Aris.

Dikesempatan itu, Babinsa juga melakukan himbauan kepada masyarakat tentang dampak kesehatan yang ditimbulkan dari kebakaran hutan dan lahan.

Dengan adanya sosialisasi ini warga tidak membuka lahan pertanian dengan cara dibakar serta apabila di lapangan ditemukan adanya oknum masyarakat yang berupaya melakukan pembakaran lahan agar dilakukan pencegahan atau segera dilaporkan kepada pihak terkait.

Sumber: Kodim 0109 Aceh Singkil

TerPopuler