Babinsa Cek Ketersedian Sembako Menjelang Hari Raya Idul Adha -->s

Babinsa Cek Ketersedian Sembako Menjelang Hari Raya Idul Adha

Monday, June 12, 2023, Monday, June 12, 2023

SINGKILTERKINI.NET,ACEH SINGKIL - Untuk menjaga ketersediaan dan menghindari akan kelangkaan sembako menjelang perayaan Idul Adha, Babinsa Koramil 03/Gunung Meriah Serda Amatsyah melaksanakan pengecekan harga bahan sembako di pasar harian dan toko kelontong di Sianjo Anjo, Kecamatan Gunung Meriah, Kabupaten Aceh Singkil, Minggu (11/06/2023).

Dalam upaya pengecekan ketersediaan dan harga sembako di Pasar Tradisional, Babinsa melakukan komsos dan bertemu langsung dengan salah satu pemilik lapak serta berbincang-bincang tentang kebutuhan hidup sehari-hari untuk masyarakat. kegiatan mengecek ketersediaan dan harga sembako ini rutin dilaksanakan untuk memonitor perkembangan harga bahan pangan di wilayah, serta ketersediaan sembako termasuk ketersediaan seperti beras, cabai, minyak goreng, telur dan lainnya yang termasuk sembilan bahan pokok.

“Kegiatan ini kami lakukan untuk memastikan ketersediaan bahan-bahan pokok kebutuhan rumah tangga,serta menghindari dari aksi pedagang-pedagang nakal yang biasa memonopoli harga di kala kelangkaan barang,” ujar Serda Amatsyah.

Babinsa juga menyampaikan kepada pedagang, bahwa selaku aparatur komando kewilayahan kami akan rutin melakukan pengecekan dan monitor ketersediaan sembako serta harga setiap hari pekanan di pasar-pasar tradisional guna mengantisipasi gejolak di masyarakat dari kelangkaan dan kenaikan harga. Hal ini juga merupakan bentuk kesiap siagaan bila terjadinya pelonjakan harga atau langkanya ketersediaan bahan sewaktu-waktu, namun hal itu tidak terlihat pada hasil monitoring yang dilakukan di pasar dan pertokoan di pasar tradisional di wilayah Kecamatan Gunung Meriah.

"Saat sekarang ini harga masih relatif stabil dan tidak ada kelangkaan terhadap sembako, ketersediaannya juga di perkirakan masih dapat memenuhi kebutuhan masyarakat,” pungkas Babinsa.

Sumber: Kodim 0109/Aceh Singkil

TerPopuler