-->

Aceh Singkil Gelar Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila

REDAKSI

SINGKILTERKINI.NET,ACEH SINGKIL - Danramil 0109-02/Singkil Kapten Inf Bambang Supriadi bersama Forkopimda Kabupaten Aceh Singkil menghadiri pelaksanaan Upacara peringatan Hari Lahirnya Pancasila tahun 2023 yang di laksanakan di lapangan upacara kantor Bupati Aceh Singkil di Desa Pulo Sarok, Kecamatan Singkil, Kabupaten Aceh Singkil, Kamis (01/06/2023).

Peringatan hari lahirnya Pancasila merupakan momentum terbentuknya ideologi Pancasila yang merupakan Sebagai Dasar dari Negara Kesatuan Republik Indonesia, selain itu hari  Lahirnya Pancasila dapat terwujud pada bagaimana kita menjadikan nilai-nilai di dalamnya sebagai petunjuk dan kehidupan kita sehari-hari sebagai bangsa Indonesia. Kita perlu bergotong royong untuk mewujudkan satuan pendidikan dan ruang-ruang budaya yang aman dan nyaman, yang memiliki nilai-nilai inklusivitas, toleransi serta bebas dari kekerasan dan juga komitmen bangsa indonesia agar dapat mewujudkan kemerdekaan yang sebenar-benarnya merdeka bagi seluruh masyarakat Indonesia untuk belajar dan berkarya.

Dalam amanat Presiden Republika Indonesia yang di bacakan oleh Pj Bupati Aceh Singkil Martunis, ST. D.E.A selaku Inspektur Upacara menyampaikan, Pancasila dan nilai-nilai yang di kandungnya merupakan filsafat dasar, pandangan hidup bangsa, dasar negara, ideologi, kekuatan pemersatu bangsa dan segala sumber hukum negara.

Pancasila sebagai dasar dan ideologi negara merupakan meja statis yang menyatukan berbagai keragaman yang ada sekaligus sebagai bintang penuntun. nilai-nilai Pancasila dapat di amalkan dalam bentuk sederhana seperti saling menghargai, bekerja sama dan saling menghormati, berkat Pancasila dengan nilai-nilai toleransi dan gotong royong, keberagaman yang ada menjadi berkah yang dirajut dalam identitas nasional Bhinneka Tunggal Ika.

Ideologi Pancasila tidak dapat digantikan dengan apapun juga baik pada masa dulu, sekarang dan masa yang akan datang. Kedepan kita akan mewujudkan Indonesia Emas 2045 dan impian Indonesia pada tahun 2085 yaitu menjadi bangsa yang memiliki sumber daya manusia yang kecerdasannya bisa mengungguli bangsa-bangsa lain, menjujung tinggi Nasionalisme, berbudaya dan menjujung tinggi nilai-nilai etika.

Di akhir amanatnya, inspektur upacara menyampaikan. Melalui peringatan hari lahir Pancasila 1 Juni 2023 ini, kita harus dapat lebih meningkatkan kinerja, membuat prestasi, membuat terobosan dan menumbuhkan pembaharuan di tahun 2023 dan di tahun-tahun yang akan datang,  SELAMAT HARI LAHIR PANCASILA.

Turut hadir dalam kegiatan Peringatan Hari Lahir Pancasila, Pj Bupati Aceh Singkil Martunis, ST. D.E.A., Dandim 0109/Aceh Singkil di wakili oleh Danramil 02/Singkil Kapten Inf Bambang Supriadi, Kapolres Aceh Singkil AKBP Suprihatiyanto, S.I.K., Sekda Aceh Singkil Drs. Azmi, Kajari Aceh Singkil Munandar, SH.MH., Wakil Ketua Pengadilan Negeri Aceh Singkil Yoppy Wijaya, SH., Ketua MPU Aceh Singkil Ustaz Roesman Harsmy, Ketua MAA Aceh Singkil Zakirun Pohan, Asisten 1 Setdakab Aceh Singkil Junaidi, S.T.P., Asisten II Setdakab Aceh Singkil Faisal, S.pd., Kapolsek Singkil Iptu Didik Surya, Para Kepala SKPK Kabupaten Aceh Singkil, Para Camat se-Kabupaten Aceh Singkil serta Para Tamu dan Undangan.

Sumber: Kodim 0109/Aceh Singkil

Komentar Anda

Terimakasih Atas Kunjungannya, Silahkan berkomentar dengan bijak, Komentar Spam dan/atau berisi link aktif tidak akan ditampilkan. Terimakasih.

Berita Terkini