-->

Upaya Meningkatkan Mutu Olahan, Babinsa di Kuala Baru Dampingi Pengerajin Ikan Asin

REDAKSI author photo

SINGKILTERKINI.NET,ACEH SINGKIL - Desa Kuala Baru Laut merupakan salah satu Desa di Kec. Kuala Baru yang sebagian besar masyarakatnya menggantungkan hidup sebagai nelayan. Hasil tangkapan ikan laut tersebut ada yang langsung di pasarkan ke beberapa wilayah Kabupaten Aceh Singkil maupun dipasarkan ke luar wilayah terutama ke Medan Ibu Kota Sumatra Utara.

Hasil perikanan laut nelayan tersebut selain langsung dipasarkan ada juga yang diolah sebagian masyarakat menjadi olahan ikan asin.

Dalam upaya meningkatkan mutu produk Olahan Ikan Asin tersebut, Babinsa Desa Kuala Baru Laut Koramil 05/Kuala Baru Kodim 0109/Singkil Kopda Rahmadi, selalu berperan aktif mendampingi pengerajin.

"Hal ini mengingat hasil olahan masyarakat di desa binaannya tersebut masih bersifat tradisional sehingga kwalitas dan kuantitas hasil produk olahan belum maksimal, ujar Kopda Rahmadi, Minggu (21/5).

Kopda Rahmadi menambahkan, dalam upaya meningkatkan hasil dan mutu produk olahan ikan asin oleh pengerajin di desa binaannya tersebut pihaknya bersama pengerajin selalu berkoordinasi dan mengajukan pendampingan kepada instansi pemerintah terkait.

Diharapkan kedepan instansi terkait lebih intens memberikan pendampingan baik berupa bimbingan teknologi tepat guna maupun peralatan pengolahan ikan asin yang di butuhkan pengerajin. Semoga dengan pendampingan ini, hasil produksi dan mutu produksi pengolahan ikan asin dari Desa Kuala Baru Laut khususnya dan dari Kec. Kuala Baru umumnya dapat bersaing ke luar daerah. 

Sumber: Kodim 0109/Aceh Singkil

Komentar Anda

Terimakasih Atas Kunjungannya, Silahkan berkomentar dengan bijak, Komentar Spam dan/atau berisi link aktif tidak akan ditampilkan. Terimakasih.

Berita Terkini