-->

Penanaman Jagung Sebagai Upaya Kodim 0109/Aceh Singkil Dalam Mendukung Ketahanan Pangan di Aceh Singkil

REDAKSI author photo

SINGKILTERKINI.NET,ACEH SINGKIL - Dalam upaya mewujudkan dan mendukung ketahanan pangan di wilayah, Kodim 0109/Aceh Singkil melakukan Penanaman Jagung dengan skala besar demi meningkatkan konsumsi pangan yang beragam, bergizi seimbang serta berbasis pada potensi sumber daya lokal yang di laksanakan di Desa Tanah Bara, Kecamatan Gunung Meriah, Kabupaten Aceh Singkil, Rabu (10/05/2023).

Ketahanan pangan adalah ketersediaan pangan dan kemampuan dalam suatu wilayah untuk mengendalikan akan kebutuhan pangan, Sebuah wilayah dikatakan memiliki ketahanan pangan jika warganya tidak berada dalam kondisi kelaparan atau dihantui ancaman kelaparan. Ketahanan pangan merupakan suatu kondisi terpenuhinya kebutuhan pangan bagi rumah tangga, yang tercermin dari tersedianya pangan secara cukup baik dari jumlah maupun lokasi. 

Upaya Ketahanan pangan dapat di nilai melalui ukuran tentang kecukupan terhadap ketiadaan suplai pangan akibat berbagai faktor seperti kekeringan, gangguan transportasi, ketidak kestabilan ekonomi, peperangan dan sebagainya.

Dalam arahan Komandan Kodim 0109/Aceh Singkil Letkol Czi Rizal Desriansyah, M.Tr (Han) melalui Pasi Ter Kodim 0109/Aceh Singkil Kapten Inf Dahlius menjelaskan, ada tiga komponen utama ketahanan pangan yaitu ketersediaan pangan, akses pangan dan pemanfaatan pangan. Ketersediaan pangan adalah kemampuan memiliki sejumlah pangan yang cukup untuk kebutuhan dasar. Akses pangan adalah kemampuan memiliki sumber daya, secara ekonomi maupun fisik untuk mendapatkan bahan pangan bernutrisi. Sementara Pemanfaatan pangan adalah kemampuan dalam memanfaatkan bahan pangan dengan benar dan tepat secara proporsional, sehingga kebutuhan masyarakat dalam hal ini adalah kebutuhan jagung dapat tercukupi.

"Dalam Data target tanam jagung dalam wilayah kodim 0109/Aceh singkil Jumlah lahan yang ada lebih kurang 70 hektar dengan lokasi tersebar dan untuk Lahan yang sudah ditanam sekitar 10 hektar. Sementara untuk Lahan yang sudah diolah yang akan ditanam ada sekitar 10 hektar, Lahan yang sedang diolah ada 46 hektar juga dengan lokasi tersebar. Lahan yang kita jadikan untuk vicon/tanam serentak ada 4 hektar dan 2 Hektar tersebar," ujar Pasi Ter.

Pasi Ter juga menyampaikan kegiatan yang di kerjakan oleh Babinsa merupakan pendampingan yang rutin di lakukan untuk pengolahan lahan, penanaman juga perawatan tanaman. selain itu kegiatan ini juga merupakan upaya satuan teritorial dalam mensukseskan ketahanan Pangan seperti yang sudah di canangkan oleh pemerintah. Dengan tujuan Ketahanan pangan akan tanaman jagung dengan skala besar yang sedang di programkan Kodim 0109/Aceh Singkil ini bertujuan untuk mewujudkan Kabupaten Aceh Singkil memiliki swasembada jagung, dengan terwujudnya Swasembada jagung maka Kabupaten Aceh Singkil dapat mencukupi dalam mengadakan sendiri kebutuhan jagung bagi masyarakat.

"Dengan terwujudnya ketahanan pangan, maka wilayah jajaran Kodim 0109/Aceh Singkil tidak hanya berhenti pada status ketahanan dan swasembada pangan saja. Swasembada pangan harus terus dilestarikan dan bahkan ditingkatkan, agar Kabupaten Aceh Singkil ini mencapai surplus pangan dan mampu berkontribusi bagi ketahanan pangan nasional," ungkapnya. 

Sumber: Kodim 0109/Aceh Singkil

Komentar Anda

Terimakasih Atas Kunjungannya, Silahkan berkomentar dengan bijak, Komentar Spam dan/atau berisi link aktif tidak akan ditampilkan. Terimakasih.

Berita Terkini