-->

Kodim Aceh Singkil Gelar Apel Latihan Penanggulangan Bencana Alam Terintegrasi

REDAKSI

SINGKILTERKINI.NET,ACEH SINGKIL - Dalam upaya antisipasi bencana alam khususnya pada kebakaran hutan dan lahan di wilayah, Kodim 0109/Aceh Singkil menggelar kegiatan apel latihan penanggulangan bencana alam terintegrasi yang di laksanakan di Makodim 0109/Aceh Singkil Desa Ketapang Indah, Kecamatan Singkil Utara, Kabupaten Aceh Singkil, Rabu (31/05/2023).

Latihan penanggulangan bencana alam kali ini merupakan simulasi pengetahuan yang di berikan kepada seluruh instansi dan anggota HGU agar memiliki pengetahuan yang memadai dalam menghadapi ancaman bencana, khususnya pada saat terjadinya kebakaran hutan dan lahan yang akan dapat meminimalisir timbulnya korban. Dengan di laksanakan kegiatan Penanggulangan Bencana Alam Terintegrasi ini diharapkan dapat meningkatkan kesadaran, kewaspadaan, kesiapsiagaan serta agar semua elemen masyarakat terbiasa melakukan upaya mitigasi bencana menuju Indonesia tangguh bencana.

Dalam pelaksanaan simulasi bencana kali ini telah di siagakan Alat perlengkapan dan Kendaraan yang nantinya akan digunakan dalam kegiatan penanggulangan bencana alam berupa Set lengkap perlengkapan pemadam kebakaran, 1 unit Truk TNI, 1 unit Truk Polri, 2 unit Singel Cabin TNI, 1 unit Ambulance Dinkes, 2 unit mobil pemadam kebakaran, 1 unit Dobel Cabin BPBD, 1 unit Dobel Cabin Dinsos.

Dalam sambutannya, Komandan Kodim 0109/Aceh Singkil Letkol Czi Rizal Desriansyah, M.Tr (Han) menyampaikan, selamat datang dan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada seluruh pihak yang telah mendukung baik personel maupun materiil sehingga terselenggaranya latihan penanggulangan bencana alam kebakaran hutan dan lahan di wilayah Kodim 0109/Aceh Singkil.

"Kita ketahui bersama bahwa di wilayah Kabupaten Aceh Singkil ini sangat rentan terhadap terjadinya bencana alam, baik itu gempa bumi, tanah longsor, banjir maupun kebakaran, untuk itu kita harus selalu siap siaga dan waspada dalam menghadapi bencana yang sewaktu-waktu dapat terjadi. Oleh karenanya latihan ini jangan dianggap hanya sekedar kegiatan biasa, tetapi latihan ini harus dijadikan sebagai bekal pengetahuan untuk bertindak dan berbuat sekaligus gambaran langkah apa saja yang harus dilaksanakan di lapangan apabila terjadi karhutla," ujar Dandim.

Latihan penanggulangan bencana alam kali ini, sambungnya, diutamakan pada penanggulangan bencana kebakaran hutan dan lahan, mengingat di wilayah Kabupaten Aceh Singkil ini juga masih banyak terdapat daerah yang rawan terjadinya kebakaran hutan dan lahan. 

"Di harapkan dengan latihan ini akan terwujud suatu konsep strategis penanggulangan bencana alam, dengan membangun pola kerjasama terpadu yang efektif dan efisien berupa rencana operasi penanggulangan bencana alam yang dapat digunakan sewaktu-waktu," ujar Dandim.

Turut hadir dalam kegiatan itu, Kapolres Aceh Singkil AKBP Suprihatiyanto, S.I.K., PJ Bupati Aceh Singkil diwakili Asisten 2 Setdakab Faisal, Ketua Mahkamah Syariah Aceh Singkil Anas Rudiansyah, S.H.I., M.H., Kajari Aceh Singkil Munandar, SH.,MH., Wakil ketua Pengadilan di wakili Kasub Umum Iswanil, Sp., Ketua MPU Aceh Singkil Roesman Hasmi, Ketua MAA Aceh Singkil Jakirun Pohan, Kepala Dinas Sosial Aceh Singkil Iskandar, Kadis Kesehatan Aceh Singkil di wakili Sekertaris Dinkes Haryono, Kepala BPBD Aceh Singkil Mohd Ichsan, D.STP. M.SI., Kepala BKPH Aceh Singkil di wakili Juliadan, Kabag Ops Polres Aceh Singkil AKP Didik Suratno, Para Danramil dan Perwira Staf Kodim 0109/Aceh Singkil, Kapolsek Singkil Utara Iptu Bambang Syahputra, Para Pimpin HGU beserta anggota di jajaran wilayah Aceh Singkil, Ketua kordinator Tagana Aceh Singkil Saripudin Serta Seluruh tamu dan undangan.

Sumber: Kodim 0109/Aceh Singkil

Komentar Anda

Terimakasih Atas Kunjungannya, Silahkan berkomentar dengan bijak, Komentar Spam dan/atau berisi link aktif tidak akan ditampilkan. Terimakasih.

Berita Terkini