Kodim 0109/Aceh Singkil Gelar Upacara Bendera Hari Kebangkitan Nasional ke-115 -->s

Kodim 0109/Aceh Singkil Gelar Upacara Bendera Hari Kebangkitan Nasional ke-115

Monday, May 22, 2023, Monday, May 22, 2023

 

SINGKILTERKINI.NET,ACEH SINGKIL — Kodim 0109/Aceh Singkil menggelar Upacara Bendera dalam memperingati Hari Kebangkitan Nasional ke-115 tahun 2023 di lapangan upacara Makodim 0109/Aceh Singkil Desa Ketapang Indah, Kecamatan Singkil Utara, Kabupaten Aceh Singkil, Senin (22/05/2023).

Hari Kebangkitan Nasional (Harkitnas) diperingati pada tanggal 20 Mei secara rutin setiap tahunnya mengacu pada tanggal berdirinya organisasi Budi Utomo. Peringatan ini menjadi momen bagi masyarakat Indonesia untuk mengetahui arti, sejarah dan makna dari Hari Kebangkitan Nasional yang merupakan hari dimana bangsa Indonesia telah mulai menumbuhkan rasa kesadaran Nasional sebagai orang Indonesia.

Dalam upacara peringatan Hari Kebangkitan Nasional ke-115 tahun 2023 ini mengusung tema "Semangat Untuk Bangkit", Kapten Inf Asfimal selaku inspektur upacara membacakan amanat dan sambutan Menteri Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia yang menyampaikan, Seratus lima belas tahun lalu, bara api Persatuan Indonesia sebagai Negara mulai menyala, hal ini ditandai dengan meleburnya berbagai gerakan perjuangan yang bersifat kedaerahan menjadi satu barisan yang utuh dengan didirikannya Boedi Oetomo pada tanggal 20 mei 1908. Sejak saat itu, gerakan Perjuangan Indonesia dengan gegap gempita bergerak maju mewujudkan Republik Indonesia sebagai Negara yang Satu, Berdaulat, Adil Dan Makmur.

Boedi Oetomo berdiri untuk mendorong Bangsa Indonesia mengejar ketertinggalannya dari Bangsa lain di masa itu, di samping itu Boedi Oetomo juga melandaskan dirinya untuk mengejar 3 (tiga) tujuan yang menjadi cita-cita utama kebangkitan nasional yakni Memerdekakan cita-cita kemanusiaan, Memajukan nusa dan bangsa serta Mewujudkan kehidupan bangsa yang terhormat dan bermartabat di mata Dunia.

Barisan Persatuan yang dibentuk oleh Boedi Oetomo adalah suatu pemantik bagi kekuatan Indonesia dalam menghadapi berbagai tantangan di masa yang sulit, baik pada masa Pra-Kemerdekaan maupun pasca Kemerdekaan. Di masa ini di saat Kemerdekaan telah kita raih, barisan Perjuangan kita harus tetap rapat, erat dan terus maju bergerak mengobarkan api "Semangat Untuk Bangkit" demi mewujudkan Indonesia Emas 2045.

Selama 3 tahun terakhir, di tengah kekurangan, tantangan, dan masalah yang kita hadapi bersama, barisan perjuangan rakyat Indonesia terbukti tetap erat dalam melaksanakan penanganan Pandemi COVID-19 sekaligus untuk memulihkan perekonomian Bangsa, hal ini menjadi momentum untuk memaknai hari Kebangkitan Nasional Ke-115 ini sebagai upaya membangun semangat Kebangsaan untuk bangkit pasca Pandemi.

Tentu kita berharap agar capaian-capaian ini dapat kita pertahankan dan terus tingkatkan demi kesejahteraan masyarakat serta kemajuan Bangsa Indonesia, Indonesia ingin menjadikan Asia Tenggara sebagai kawasan yang penting dan relevan bagi seluruh Dunia dalam merespon tantangan regional maupun global, sekaligus memperkuat posisi Asean sebagai episentrum pertumbuhan ekonomi Dunia.

Di akhir sambutannya Menteri Komunikasi dan Informatika menyampaikan, Mengutip perkataan dr. Soetomo. Generasi yang mau berjuang untuk kemandirian bangsanya adalah generasi yang mencintai generasi penerusnya dan mencintai tanah dengan semangat yang sama pula. kami mengajak seluruh komponen Bangsa untuk terus mempertahankan bara api semangat kebangkitan Nasional, sembari merapatkan barisan perjuangan kita dengan menunjukkan kerja keras, kerja cerdas juga kerja bersama demi kemandirian dan kemajuan Bangsa.

Sumber: Kodim 0109/Aceh Singkil

TerPopuler